PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA MATERI PERMAINAN BOLA BESAR (SEPAK BOLA) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DI KELAS IV SDN KELAMPAIAN ULU KECAMATAN ASTAMBUL

Guzali Rahman

Abstract


Penelitian ini berawal dari kenyataan pada pembelajaran Pendidikan Jasmani di SDN Kelampaian Ulu Kecamatan Astambul bahwa dalam penyampaian pembelajaran guru bersifat konvensional yang menyebabkan siswa bosan dan tidak aktif dalam proses pembelajaran. Untuk dapat menciptakan pembelajaran yang membuat siswa aktif dan menyenangkan bagi siswa salah satunya dengan Model pembelajaran Explicit Instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research). Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa dengan ketuntasan kognitif siswa Siklus I adalah 60%. Pada Pada ranah afektif ketuntasan siswa 60% dan psikomotor 60% sedangkan nilai guru pada cara mengajar guru dengan nilai 75% dan siswa 75%. Setelah diadakan refleksi nilai ketuntasan kognitif siswa Siklus II adalah 93%. Pada ranah afektif ketuntasan siswa 87% dan psikomotor 93% sedangkan nilai guru cara mengajar guru dengan nilai 95% dan aspek siswa 95%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada materi permaianan bola besar (sepak bola) siswa di kelas IV SDN Kelampaian Ulu Kecamatan Astambul

Kata kunci : Hasil Belajar, Permainan Bola Besar (Sepak Bola), Explicit Instruction


Full Text:

PDF

References


Ade Rusliana. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara. 2007.

Ahmad Sudrajat (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/15/konsep- pendidikan-karakter/Diakses) : 9 September 2016

BSNP. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Sekolah dasar. Jakarta: BSNP. 2006.

Depdiknas. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdiknas. 2006.

Djezed dan Darwis. Buku Pelajaran Sepakbola. Padang: FPOK Ikip Padang. 1999.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Kosasih, Engkos. Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta: Akademika. 1992.

Kunandar. Langkah Langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. 2008.

Nana Sudjana. Penilaian HasilProses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2009.

Nur, Asma. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang ; UNP Press. 2006.

Slavn, Robert E. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media. 2010.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Suherman, Wawan. Kurikulum Berbasis Kompentensi Pendiikan Jamani Teori dan Praktek Pengembangan. Yogyakarta: FIK UNY. 2004.

Sukintaka. Teori Bermain untuk D2 PGSD Penjasorkeskes. Yogyakrta: Depdikbud Dirjen Dikti. 2001.

Trianto., Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Ed ke-4.Jakarta: Kencana. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v3i2.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id