SUPERVISI KLINIS DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SMP NEGERI 4 ARANIO KABUPATEN BANJAR TAHUN 2018

Rusdi Rusdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas melalui bimbingan klinis pada SMP Negeri4Araniodi Kecamatan Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar . Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 12 orang guru. Metode Penelitian deskriptif melalui penelitian Tindakan Kelas .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil penilaian langsung , dan juga melalui observasi .Teknik analisis data secara kwantitatif dan prosentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: Guru berhasil dalam melaksanakan penilaian kelas bila guru sudah memenuhi kereteria memperoleh sekor lebih atau sama dengan 77,8 (dengan kategori baik). Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan penilaian guru dari siklus I sebesar 67 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 79 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui optimalisasi bimbingan klinis dapat meningkatkan penilaian berbasis kelas, guru SMP Negeri 4 Aranio Kabupaten Banjar. Karena itu dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa optimalisasi kegiatan bimbingan klinis dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian oleh guru.

Kata kunci : Peningkatan, Penilaian Berbasis Kelas, Supervisi Klinis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara. 2010.

Departemen Pendidikan Nasional. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : PT Kloang Klede Putra Timur, 2013.

______.Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Setandar nasional Pendidikan. Jakarta :BP Darma Bakti.

______.2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta : Biro Hukum dan Organisasi Depdiknas.

______.Permendiknas no 22 tentang setandar isi. Jakarta : Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2006

______.Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTS. Jakarta : Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan pengembangan Depdiknas, 2006.

______.Rancangan Penilaian Hsil Belajar. Jakarta : Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan sekolah Menengah Atas, 2008.

Martinis Yamin. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press. 2011.

Mantja, W. Supervisi Klinik: Peranan Supervisi Kepala sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme Guru SMP, SMA, SMK Se Kabupaten Buleleng. Makalah disampaikan pada seminar sehari pada tanggal 28 JUni 2005 di Singaraja. 2010.

Nana Sujana. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. 2010.

Purwanto, N. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Cv. Remaja Karya. 2012.

Suastini. kontribusi supervisi pengajaran terhadap kemampuan mengajar guru Bhs Inggris pada SMP di Kota Badung. Tesis (tidak diterbitkan). Fakultas Pascasarjana, IKIP Negeri Singaraja. 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v3i2.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id