MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIB TAHUN 2018/2019
Abstract
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelompok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/ belajar kelompok yang terstruktur. Hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (64,00%), siklus II (79,00%).
Kata Kunci : pembelajaran Bahasa Inggris, kooperatif model Group Investigation (GI).
Full Text:
UntitledReferences
Abdurahman dan Bintoro. 2000. Pembelajaran Cooperatif. PT. Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
-----------------------------.2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Houlobec. 2001. Cooperative Learning. (terjemahan). Bandung. Jemmars.
Johnson and Johnson. 1993. Hasil Belajar. (terjemahan) Bandung. Jemmars.
Nawawi. 1981. Hasil Belajar. Bandung Remaja.
-----------. 1981. Tujuan Hasil Belajar. Bandung Remaja.
Tim Penyusun. 1989. Buku Sekolah Pendidikan Guru. Jawa Timur.
Sadly. 1977. Hasil Belajar. Bandung Remaja.
Sumadi. 1989. Kecerdasan. Rineksa Cipta.
Utami. 1992. Bakat. Bina Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v5i2.185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id