PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN STRATEGI TSTS (TWO-STAY TWO-STRAY) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX A TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 2 RANTAU

Lilik Sutrismi

Abstract


Sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/ belajar kelompok yang terstruktur, sebaiknya guru meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (63,64%), siklus II (81,82%). Strategi  TSTS (Two-Stay Two-Stray) dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX A, serta model pembelajaran ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.     

Kata Kunci : Pembelajaran matematika, strategi TSTS (Two-Stay Two-Stray).


Full Text:

Untitled

References


Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chandra. 2013. Pengertian Hasil Belajar, (Online), (http://misterchand89.blogspot.com, diakses pada 27 maret 2014).

Lembaga PPL. 2013. Panduan Praktik Pengalaman Lapangan di Sekolah. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Miftahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Puataka Pelajar.

Yulia. 2012. Hasil Belajar, (Online), (http://eprints.uny.ac.id, diakses pada 27 maret 2014).

Slavin, R. 2005. Cooperative Learning Theory, Recearch and Pracice. New Batson: Allyn and Bacon.

Sudjana, D. N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remadja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v5i2.188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id