MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI (TUJUAN PENGGUNAAN, FUNGSI, PRINSIP PEMILIHAN, PENGGUNAAN, DAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN)
Abstract
Pembelajaran IPA media merupakan alat yang membantu dalam memperjelas konsep dan pemahaman konsep IPA yang sedang dipelajari oleh siswa SD/MI. Melalui proses komunikasi, pesan diterima, diserap, dan dihayati oleh penerima pesan. Maka agar tidak terjadi kesalahan dalam proses komunikasi, perlu digunakan sarana yang membantu proses komunikasi yang disebut media. Adapun rumusan masalah yang akan dipaparkan pada tulisan ini berupa definisi bagaimana media pembelajaran IPA SD/MI yang berorientasi pada Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, dan Jenis Media Pembelajaran IPA SD/MI. Sedangkan tujuannya untuk memberikan reperensi tambahan bagi tenaga pendidik atau guru IPA yang dikhususkan pada ranah anak usia SD/MI dalam memahami poin-poin media pembelajaran IPA SD/MI, mulai dari Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, dan Jenis Media Pembelajaran IPA SD/MI.Selain itu juga diharapkan dengan adanya tulisan ini menjadikan pembelajaran IPA SD/MI menjadi lebih menyenanagkan dan diharapkan dengan adanya tulisan ini menjadikan pembelajaran IPA SD/MI mulai dari guru sebagai pentransper ilmu dan peserta didik sebagai penerima ilmu menjadi mudah dan tercapainya tujuan pembelajaran IPA SD/MI.
Kata Kunci : Media, Pembelajaran IPA SD/MI
Full Text:
UntitledReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.
Asyhar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press. 2011.
Danim, Sudarman. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.
Hanafiah. Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. 2012.
Iwantara. Sadia dan Suma. Pengaruh Penggunaan Media Vidio Youtube dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. Volume 4. Ganesha: e-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 2014.
Kustandi, Cecep. dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: PT. Ghalia Indonesia. 2013.
Malik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.
Marcel, Danesi. Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra. 2010.
Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran. Cet Ke-4. Jakarta: Gaung Persada Press. 2012.
Pribadi, Benny. Model Assure untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat. 2011.
Sanaky, Hujair, AH. Media Pembelajaran Interaktif–Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA, 2013.
Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kharisma Putra Utama. 2012.
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2008.
Supriyadi. Pendidikan IPA SD. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2018.
Ulfa, Maria. “Pembelajaran PAKEM Berbasis Media Audio Visual Gerak dalam Melatih Konsentrasi Belajar Anak di TPA Sahabat Harti Pontianak”. Vol 4. No 2. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. 2019.
Usman, M. Basyiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.
Widodo, A. Dkk Pendidikan IPA di SD. Bandung: UPI Press. 2008.
Widyalaksono, Pongky. Hendra Mashuri dan Septyaning Lusianti, Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Pola Langkah Pencak Silat Sekolah Dasa”. Vol 4. No 1. Universitas Negeri Malang: Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. 2020.
Yaumi, Muhammad. Ragam Media Pembelajaran. Disajikan pada Seminar Nasional dan Workshop tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences 30 Desember 2017. PPs STAIN Pare-Pare
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v5i1.192
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id