PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL TES PILIHAN GANDA MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SDN PAKUTIK KECAMATAN SUNGAI PINANG KABUPATEN BANJAR

Karlinah Karlinah

Abstract


Memperbaiki kompetensi guru dalam menyusun soal tes untuk ulangan semester atau tes sumatif, karena mengetahui kemampuan siswa dengan memberikan bimbingan berkelanjutan di sekolah kepada guru dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam membuat soal tes ulangan semester. Hasil temuan PTS sebagai berikut, Melalui bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda   pada guru di SDN Pakutik Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar   Terbukti dengan kompetensi guru siklus I mencapai bilai rata-rata 70 dan meningkat siklus II menjadi 88. Aktivitas kepala sekolah dalam melaksanakan bimbingan berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda   di SDN Pakutik Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar  sangat baik dan meningkat, terbukti aktivitas kepala sekolah siklus I 76% terlaksana setelah direfleksi meningkat menjadi 92% terlaksana pada siklus II. Aktivitas guru dalam kegiatan bimbingan berkelanjutan untuk meningkatkan kompentensi guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda   di SDN Pakutik Kecamatan Sungai Pinang Kabupaten Banjar  sangat baik dan meningkat, terbukti aktivitas guru dalam bimbingan berkelanjutan siklus I 62% terlaksana setelah direfleksi meningkat menjadi 87% terlaksana pada siklus II.

Kata Kunci : Kompetensi, pilihan ganda, bimbingan berkelanjutan.


Full Text:

Untitled

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar. Jakarta. Depdiknas

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Jakarta.

Depdiknas.2008.Standar PeNgembangan KKG/MGMP.Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Depdiknas .2009.Rambu - rambu Pengembangan Kegiatan KKG/MGMP . Jakarta: Depdiknas.

Nanang, Hanfiah dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendiknas No 1 Tahun 2007 tentang standart kompetensi kepala sekolah

Hasibuan Botung, 2008.Pengertian dan Sejarah Berdirinya bimbingan berkelanjutan Menbangun Dunia Pendidikan

Rusdiana. (2011). Pengaruh bimbingan berkelanjutan dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar di Wilayah IV Kabupaten Sumedang.Tesis pada SPS UPI Bandung: jurnal

Suhardi. (2009). “Kegiatan bimbingan berkelanjutan dan MGMP Rintisan Program bermutu Membabat Habis Penyakit Kronis Guru”. Buletin bermutu. 4, (1), 7

Syofiarni. (2006). “Hubungan Pelaksanaan bimbingan berkelanjutan dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Padang Panjang Barat”.Jurnal Guru.3, (1), 1 -12.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat

Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen

Zamroni. 2001. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Biograf Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v5i1.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id