MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA MATERI KOMPONEN LISTRIK DAN FUNGSINYA DALAM RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY (PENEMUAN TERBIMBING) DI KELAS VI SD ISLAM SEKUMPUL MARTAPURA KABUAPATEN BANJAR
Abstract
Karakterisitik pembelajaran tematik salah satunya model pembelajaran discovery (penemuan terbimbing), berinteraksi dengan lingkungan mengeksplorasi dan memanipulasi objek, mengajukan pertanyaan, atau melakukan eksperimen. Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Temuan dari hasil penelitian antara lain: Melalui model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil tematik pada materi komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana di kelas VI SD Islam Sekumpul Martapura Kabuapaten Banjar . Hal ini terbukti dengan ketuntasan siswa pada aspek pengetahuan siklus I 70% dan setelah di refleksi ketuntasan siswa meningkat menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 22%. Pada aspek keterampilan ketuntasan siswa siklus I sebesar 69%, setelah direfleksi meningkat menjadi 95% terjadi peningkatan sebasar 25% dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada materi komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana di kelas VI SD Islam Sekumpul Martapura Kabuapaten Banjar , terbukti rata – rata aktivitas guru siklus I 78% terlaksana, setelah di refleksi meningkat pada siklus II menjadi 97% rata – rata aktivitas guru siklus II terjadi peningkatan 19%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran discovery dapat membantu meningkatkan hasil belajar tematik pada materi komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana di kelas VI SD Islam Sekumpul Martapura Kabuapaten Banjar , terbukti rata - rata aktivitas siswa siklus I 79% terlaksana, setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 91% rata – rata aktivitas siswa siklus II terjadi peningkatan 12%.
Kata Kunci : Tematik, listrik, penemuan terbimbing.
Full Text:
UntitledReferences
Agus. Cahyo, N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar teraktual Dan terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.
Anas Sudijono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto. Suharsimi, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budayadan Karakter Bangsa: PedomanSekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur
Buku Pegangan Guru. 2018 Kelas IIX Kurikulum2013. Jakarta: Kemendikbud RI.
Donni Juni Priansa dan Setiani, Ani dan. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Kemendikbud. 2013.Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta:
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud Kemendikbud.2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemdikbud.2013.Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Oleh Guru Inti. Jakarta : Kemdikbu
Kemdikbud.2013.Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemdikbu
Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa
Mulyasa.2013. Pengembangan dan Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur, muslich. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesiolisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Suryosubroto. 2012. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya : Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v5i1.195
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id