PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MENUJU ERA DIGITALISASI PADA MATA PELAJARAN IPS

Budi Sofiadi

Abstract


Pendidikan karakter merupakan usaha yang disengaja untuk membantu seseorang memahami segala sifat- sifat kejiwaan, akhlak, watak yang mampu menjadikan seseorang sebagai manusia yang berkarakter. Meski demikian, hal itu perlu diperkuat guna mempertahankan ciri nasional dan bangsa di era modern revolusi ini.. Revolusi industri 4.0 juga berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia, dimulai dengan digitalisasi sistem pendidikan yang mengharuskan setiap komponen dalam bidang pendidikan untuk mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Salah satu contoh adalah sistem pembelajaran tatap muka di dlam kelas digantikan melalui sistem pembelajaran secara tidak langsung atau melalui jaringan internet. Kurangnya pemahaman mengenai pendidikan karakter ini juga berdampak terhadap lunturnya identitas bangsa Indonesia, nilai-nilai luhur bangsa Indonesia mulai ditinggalkan oleh anak-anak kita. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan solusi agar tujuan dari pembelajaran IPS tetap menjadi insan yang berkarakter diera revolusi industri 4.0 ini. Adapun penguatan pendidikan karakter di era Revolusi Industri 4.0 dapat dilakukan dengan mengintegrasikan kegiatan kelas, di luar kelas sekolah dan di luar sekolah (komunitas / komunitas). Integrasikan aktivitas di dalam kelas, ekstrakurikuler, dan ekstrakurikuler; kemudian penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. 

Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Era Digitalisasi, Pelajaran IPS

 


Full Text:

Untitled

References


Abbas, Ersis Warmansyah. (2013). Mewawancarakan Pendidikan IPS. Bandung: WAHANA Jaya Abadi

Ilham, Muhammad, and Ersis Warmansyah Abbas. "Media digital untuk E-Learning IPS."

Abdullah Munir. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak dari Rumah. Yogyakarta: Pedagogia. Endah Sulistyowati. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama.

Fatchul Mu’in. 2013. Pendidikan Karakter Kontruksi Teoretik & Praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media. Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman. Abdul, dkk. Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0. Dalam jurnal di download https://siar.com/era-revolusi-industri-4-0-harus-diikuti-penguatan-pendidikan-karakter/

Ratna Megawangi. 2007. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Cetakan Kedua. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Mutiani, M. (2020). Membangun Komunitas Belajar Melalui Lesson Study Model Transcript Based Learning Analysis (TBLA) dalam Pembelajaran Sejarah.

Qomaria, N. (2013). Telaah Nilai Religius dalam Kumpulan Puisi Surat Cinta Dari Aceh Karya Syeh Khalil. Jurnal Artikulasi, 10(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v5i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id