MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS SURAT DENGAN MEDIA BELAJAR POWER POINT PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMKN 1 MARTAPURA KABUPATEN BANJAR

Rahmah Rahmah

Abstract


Permasalahan yang muncul dalam penelitian tindakan kelas ini dalah masih rendahnya prestasi peserta didik kelas XII-BDP 2 dalam pembelajaran  Bahasa Indonesia di SMKN 1 Martapura Kabupaten Banjar. Tujuan adalah untuk mengetahui meningkat tidaknya hasil belajar mata pelajaran  Bahasa Indonesia materi pokok bahasan Menulis Surat pada siswa kelas XII SMKN 1 Martapura Kabupaten Banjar melalui penggunaan media Power Point. Penelitian tindakan kelas dengan indikator penelitian adalah ketuntasan belajar perorangan dan ketuntasan belajar klasikal. Dari basil penelitian menunjukan  adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Simpulan bahwa ketuntasan belajar perorangan subjek penelitian dari kondisi awal sebesar 72% ke akhir siklus I yang mencapai 81 % berarti mengalami kenaikan 9%. Dari siklus I ke akhir siklus II juga ada peningkatan ketuntasan belajar perorangan, yaitu dari 81 % pada siklus I menjadi 94% di akhir siklus IL Dengan demikian dari kondisi awal ke kondisi akhir ketuntasan belajar perorangan mengalami peningkatan 22%. Hal tersebut juga terjadi peningkatan pada ketuntasan belajar klasikal, yaitu 76% pada kondisi awal menjadi 86% pada kondisi akhir yang berarti terjadi kenaikan sebesar 10%.


Full Text:

Tidak berjudul

References


AECT. 1977. Task Force on Definition and Terminology. The Definition of Educational! Technology. Washington, AECT, 1126 16th Street, NW. Washington, D.C. 20036.

Ali, Muhammad. 2008. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arief S Sadiman. dkk. 2006. Media Pendidkan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Azwar Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bekti Ratna Timur Astuti. 2010. Pengguaan Meda Pembelayaran Power Font untuk Memmngkatkan Hasl Belajar TIK Maten Fengolah Kata dengan MS. Word Sswa Kelas XF SMAN 1 Sragen pada Semester 2 Tahun 2008/2009. Sragen: UPTD SMAN 1 Sragen.

Djamarah, Drs Syaiful Bahri dan Drs Aswan Zain. 2006. Strateg Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Jelarwin Dabutar. 2007. Pengaruh meda pembelajaran terhadap hasil belayar pengelasan pada siswa yang berprestasi tingg dan rendah di SMK Swasta I Trsakt Laguboti - Kabupaten Toba Samosr. Malang: Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Kejuruan. Universitas Negeri Malang.

Munadi, Yudhi 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta. Gaung Persada Press.

Nana Sudjana, Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algendindo.

Oemar Hamalik. 2002. Pskologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rusman. 2008. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, N. 2008. Dasar-Dasar Proses Pelajar Mengajar. Bandung: Sinar Bar Algesindo Offset.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2008. Media Pembelajaran: Hakat, Pengembangan, Pemanfaatan. dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima. 34




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v6i2.218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id