ASSESMEN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH CABANG MARTAPURA

Raudatul Hasanah

Abstract


Perkembangan kognitif adalah proses berpikir anak menemukan solusi dari apa yang mereka pikirkan, mengamati, mencatat, dan mendokumentasikan semua aktivitas kinerja dan pekerjaan siswa dan bagaimana melakukannya sebagai dasar untuk membuat keputusan pendidikan anak yang berguna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi kegiatan pengembangan kemampuan kognitif anak, mendeskripsikan penerapan teknik penilaian asesmen, dan hasil/dampak asesmen perkembangan kognitif di TK Aisyiyah Cabang Martapura. Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berupa anecdotal record, checklist, time sampling dan penggunaan perangkat teknologi untuk merekam data wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi untuk dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak di TK Aisyiyah telah berkembang sesuai dengan yang diharapkan, ditandai dengan kemampuan anak untuk mengikuti perintah/instruksi dari guru seperti mulai dapat berhitung, anak dapat menulis beberapa kosa kata, mau membaca bukubuku. Penilaian berpengaruh positif terhadap pencapaian perkembangan kemampuan kognitif, baik bagi guru, siswa, maupun orang tua.

Full Text:

PDF

References


Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Budiyono. (2018). Merancang Identifikasi, Asesmen, Planing Matriks dan Layanan Kekhususan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekkolah Inklusif. CV Jakad Publishing.

Hersi, N., & Yulsyofriend, Y. (2021). Kegiatan Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Painan. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 7–17. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.33808

Hj. Hairunnisyah Sahidu, Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, N. N. (2020). Model E-Assesment dan Implikasinya dalam Pembelajaran (1st ed.). CV Literasi Nusantara Abadi.

Nazir. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan; Metode, Pendekatan dan Jenis. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id