ASSESMENT AUTENTIK UNTUK EVALUASI PEMBELARAN IPA PADA MADRASAH IBTIDAYAH
Abstract
Abstract: Evaluasi merupakan salah komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan balikan (feed-back) bagi guru dalam memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Sesuai tuntutan kurikulum 2013 kegiatan evaluasi harus dijalnakan berbasis dengan assessment autentik yaitu penilaian berbasis kinerja karena digunakan untuk menilai kinerja peserta didik dalam menampilkan tugas-tugas (tasks) yang bermakna. Selain itu penilaian otentik dipadankan pula dengan nama direct assessment karena penilaian otentik lebih banyak bukti langsung dari penerapan keterampilan dan peserta didik.
Keywords: Assesment Autentik, Evaluasi, Pembelaran IPA
Full Text:
PDFReferences
Arifin Zainal, Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta, 2012)
Prasetyo Sigit, “Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI”, Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, Vol.1, No. 1, Tahun 2017
Latip Asep Ediana, Evaluasi Pembelajaran di SD Dan MI Perencanaan dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Autentik , (Jakarta, 2018)
Siregar Lailan Aprina, “Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Kemasyarakatan, Vol.18, No. 2, 2018
Ernawati Siti dan Taufiq Hidayat, "Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Persepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro)" Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 27, No. 1, 2017
Umami Muzlikhatun, "Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013" Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No.2, 2018
Widiana I Wayan, Pengembangan Assesment Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No. 2, 2016
Sutami N.K.A., N. Dantes, I.B.P. Arnyana, “Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Ipa Dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V Sd”, Jurnal_ep, Vol.11, No.1, 2021
Ismai Ilyas, Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ( Makassar: Cendikia Publisher, 2020)
Kadek Arya Mudanta, Gede Astawan dan I Nyoman Laba Jayanta, Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 2, 2020
Modu Ayu Cheni Chaenida, Media Pembelajaran Bola KUPINKHU, (Gresik: Caramedia Communication, 2018)
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id