ASSESMENT AUTENTIK UNTUK EVALUASI PEMBELARAN IPA PADA MADRASAH IBTIDAYAH

Mar di ana, Nida Mauidzati

Abstract


 

Abstract: Evaluasi merupakan salah komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dapat dijadikan balikan (feed-back) bagi guru dalam memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Sesuai tuntutan kurikulum 2013 kegiatan evaluasi harus dijalnakan berbasis dengan assessment autentik yaitu penilaian berbasis kinerja karena digunakan untuk menilai kinerja peserta didik dalam menampilkan tugas-tugas (tasks) yang bermakna. Selain itu penilaian otentik dipadankan pula dengan nama direct assessment karena penilaian otentik lebih banyak bukti langsung dari penerapan keterampilan dan  peserta didik.

Keywords: Assesment Autentik,  Evaluasi, Pembelaran IPA


Full Text:

PDF

References


Arifin Zainal, Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta, 2012)

Prasetyo Sigit, “Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI”, Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, Vol.1, No. 1, Tahun 2017

Latip Asep Ediana, Evaluasi Pembelajaran di SD Dan MI Perencanaan dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Autentik , (Jakarta, 2018)

Siregar Lailan Aprina, “Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Kemasyarakatan, Vol.18, No. 2, 2018

Ernawati Siti dan Taufiq Hidayat, "Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Persepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro)" Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 27, No. 1, 2017

Umami Muzlikhatun, "Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013" Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No.2, 2018

Widiana I Wayan, Pengembangan Assesment Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 5, No. 2, 2016

Sutami N.K.A., N. Dantes, I.B.P. Arnyana, “Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Ipa Dan Kemampuan Metakognitif Siswa Kelas V Sd”, Jurnal_ep, Vol.11, No.1, 2021

Ismai Ilyas, Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran ( Makassar: Cendikia Publisher, 2020)

Kadek Arya Mudanta, Gede Astawan dan I Nyoman Laba Jayanta, Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 25 No. 2, 2020

Modu Ayu Cheni Chaenida, Media Pembelajaran Bola KUPINKHU, (Gresik: Caramedia Communication, 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id