Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas V UPTD SD Negeri 3 Batakan

Miftah Farid

Abstract


Permasalahan yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar siswa materi bangun ruang yang belum mencapai KKM ≥ 60. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa tersebut disebabkan kurangnya minat belajar siswa, kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran berlangsung, dan tidak adanya penggunaan model/media pembelajaran yang bervariasi. Oleh sebab itu dilakukan tindakan kelas dengan menerapkan Model Numbered Head Together (NHT) dengan tujuan melihat aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V UPTD SD Negeri 3 Batakan, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Diperoleh melalui teknik pengukuran atau pengamatan dengan tes tertulis siswa dan observasi aktivitas guru dan siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi bangun ruang. Aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 12 dan 14 dengan kriteria baik, dan pada pertemuan 3 memperoleh skor 16 dengan kriteria pencapaian sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan klasikal pada pertemuan 1 mencapai 38% dengan kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai 69% dengan kriteria aktif, dan pada pertemuan 3 mencapai 81% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 44%, pertemuan 2 mencapai 69%, dan pada pertemuan 3 mencapai 81%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 3 Batakan. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan model ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S dan Safruddin. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Arikunto,Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Damayanti, Desi. 2017. Matematika. Depok: CV. Bina Pustaka, 2017.

Departemen pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia.

Farid, Miftah. 2022. “AL-QUR’AN DAN MATEMATIKA,” JURNAL ILMIAH DAN SOSIAL. 02 . No. 23.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain

Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gradini, Ega, Septia Wahyuni, dan Ansor. 2017. Efektivitas Penerapan Pembelajaran

Matematika Qur’ani Dalam Pembelajaran Himpunan Al Khawarizmi . Vol. 1, No.

Huda, Mualimul dan Mutia. 2017. Mengenal Matematika dalam Perspektif Islam. Jurnal

Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol.2, No. 02

Ina V. S. Mullis, dkk TIMSS. 2011. International Mathematics Report. Boston: TIMSS

& Pirls International Study Center.

Jumanta. 2014. Penerapan strategi pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kunandar. 2010. Guru Profesional Implementasi Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan

Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006

Miftahul Huda. 2014. Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Mulyasa. 2014. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sam’s, Rosma Hartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Sukses Offset.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Saur M. Tampubolon. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Slameto. 2014. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Sriyanto. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta. Indonesia Cerdas.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suharjana, Agus. 2008. Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-sifatnya di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Sukmadinata, Nana. 2016. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriadi. 2008. Panduan Praktis Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan SI/SKL. Tim pengembang kurikulum Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Donggala.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning, Cet. Ke VI. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Suriansyah, Ahmad, Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Undang-undang system pendidikan nasional No.20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 Watini. 2013. Meningkatkan Sikap Kreatif Dan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered head together (Nht) Siswa Kelas Ivsd Negeri Brengkol Kecamatan Pituruh Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi pendidikan matematika Fakultas keguruan Dan Ilmu pendidikan Universitas muhammadiyah purworejo.

Wazdy , S, & Suyitman. 2014. Memahami Kurikulum 2013 Panduan Praktis Untuk Guru

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Teras.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id