Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa PGMI STIQ Amuntai

Mar Di Ana

Abstract


Abstrak

Menghadapi kehidupan abad 21 yang sangat kompetitif menuntut sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki kompetensi dalam berbagai bidang kehidupan. Pendidikan berperan sangat penting dalam mewujudkannya, oleh karena itu diperlukan suatu proses pembelajaran bermakna yang tidak hanya dalam pengetahuan saja namun juga sikap dalam segala aspek kehidupan. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat menjadikan kegiatan pembelajaran lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penerapan pembelajaran berbasis masalah diharapkan dapat meningkatkan seluruh kompetensi mahasiswa di segala aspek penilaian salah satunya aspek kognitif. PBL bersifat konstruktivisme yang dapat membuat mahasiswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan sendiri, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa, meningkatkan penguasaan materi pembelajaran dan melatih keterampilan memecahkan masalah yang secara tidak langsung akan mempengaruhi sikap mahasiswa dalam memecahkan masalah di kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan sekitar mereka, serta akan mampu menghasilkan solusi yang dapat memecahkan masalah tersebut. Metode ini menyediakan pengalaman langsung bagi mahasiswa, Subjek pada penelitian ini adalah mahamahasiswa STIQ Amuntai pretes dan postes dan analisis data dengan uji t berpasangan (paired-sampel t test). Hasil penelitian pada hasil belajar kognitif menunjukkan nilai t hitung sebesar -7,97 dengan signifikan 0,00. Hal ini berarti (0,00 < 0,05) sehingga terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada sebelum dan sesudah pembelajaran mahasiswa PGMI..

Kata kunci: Hasil belajar Kognitif, Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Daftar Rujukan

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Adikarya.

Akinoglu. O., & Tandagon. R. O. 2007. The Effects Of Problem-Based Active Learning In Science Education On Students Academic Achievement, Attitude And Concept Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, Volume 3, Nomer 1, 71-81. .

Anderson, L. W. & D.R. Krathwohl. 2001. Learning, Teaching, and Assessing : A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives Abridged Edition. New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Burris, S., & Garton, B. L. 2007. Effect of Instructional Strategy On Critical Thinking And Content Knowledge: Using Problem-Based Learning In The Secondary Classroom. Journal of Agricultural Education. Vo. 48(1) 106 116.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul bahan ajar persiapan guru dalam mengajar Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas.2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Depdiknas.

El-Shaher, A., & Gaber, H. 2014. Impact of Problem-Based Learning on Students`Critical Thinking Dispositions, Knowledge Acquisition and Retention. Journal Of Education and Practice, Vol.5, No.14, 74-85.

Hunt, D. P. 2003. The Concept of Knowledge and How To Measure It. Journal of Intellectual Capital. Vol, 4 No. 1, 100-113.

Kresnawati, N. 2013. Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar dengan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ponorogo. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.

Masek. A., & Yamin. S. 2011. The Effect of Problem Based Learning on Critical

Silver, C. E. H., & Barrow, H. S. 2006. Goals and Strategies of a Problem-based Learning Facilitator. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning. Volume 1, No. 1 Hal. 21-39.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sungur, S., & Tekkaya, C. 2006. Effects of Problem-Based Learning and Traditional Instruction on Self-Regulated Learning. The Journal of Educational Research, Vol. 99 (No. 5). Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities, Vol.2, No.1, 215-221.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2003 tentang Tujuan Pendidikan Nasional.

Wahyunani, E. 2013. Pengembangan modul Geografi Modul Depdikanas pada Kompetensi Sumber Daya Kelas XII SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Warsono & Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v4i1.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id