INSTRUMEN TES SUBJEKTIF DALAM KITAB SABILAL MUHTADIN KARYA SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI

Ahmad Faisal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji tentang instrumen tes subjektif didalam kitab Sabilal Muhtadin karya Muhammad Arsyad Al-Banjari, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kajian literatur (library research), yaitu penulis fokus untuk menggali dan mengkaji instrumen tes subjektifyang ada didalam kitab Sabilal Muhtadin karya Muhammad Arsyad Al-Banjari, hasil penelitian menjelaskan bahwa Instrumen tes subjektif dalam kitab Sabilal Muhtadin karya Muhammad Arsyad Al-Banjari ditemukan sebanyak 35 instrumen tes subjektif terdiri dari 21 instrumen tes subjektif ada di juz satu dan 14 instrumen tes subjektif ada di juz 2. Kemudian dari 35 instrumen tes subjektif diatas tadi dapat dikatagorikan berdasarkan paparan kemampuan dalam ranah kognitif yaitu 5 instrumen tes subjektifitas masuk pada katagori ringkasan pengetahuan, 9 instrumen tes subjektif masuk pada katagori pencapaian pemahaman, 11 instrumen tes subjektifitas masuk pada katagori ringkasan sintesis dan terakhir 4 instrumen tes subjektif masuk pada katagori tahapan evaluasi.Dari sini maka dapat diketahui bahwa instrumen tes subjektif yang ada dalam Kitab Sabilal Muhtadin karya Muhammad Arsyad Al-Banjari ini mayoritas masuk ke tingkat yang tinggi dalam ranah kognitif artinya ini menunjukkan bahwa keluasan keilmuan dalam bidang fikih yang dimiliki oleh Muhammad Arsyad Al-Banjari.


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, M. S. (1990). Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Pengarang Sabilal Muhtadin (I). Khazanah Fathiniah.

Abdussalam An-naqari,. (2016). Suluh Sabilal Muhtadin ( CV Datu Ismail, 2016) Cet. 1 (I). CV Datu Ismail.

Arsyad Al-Banjari, S. M. (TT). Sabilal Muhtadin. Dar Al-Ihya Al-Kutubal-Arabiyah.

Daudi, A. (1996). Maulana Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari (Tuan Haji Besar). Dalam Pagar Martapura, Kal-Sel: Madrasah Sullam al-Ulum.

Faisal, A. (2021). PLACEMENT TEST PERSPEKTIF AL-QURAN (KAJIAN TAFSIR AL-MISBAH KARYA QURAISH SYIHAB). Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan, 5(2).

Faisal, A. (2022a). Administrasi Tes dalam evaluasi pembelajaran. Darussalam, 23(1).

Faisal, A. (2022b). KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN. Darussalam, 23(02).

Faisal, A. (2023). Learning Evaluation at the Darussalam Martapura Islamic Boarding School. Pesantren Reviews, 1(1), 7–11.

Harahap, N. (2014). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 68–74.

Haris, M. (2015). PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PROF. H.M ARIFIN. Ummul Qura, 6(2), Art. 2.

Iqbal, M. (2022a). Arsyad al-Banjari: A Banjarese Shāfiʿī Scholar. Dalam M. Iqbal, Arsyad al-Banjari’s Insights on Parallel Reasoning and Dialectic in Law (Vol. 25, hlm. 111–120). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-91676-3_4

Iqbal, M. (2022b). Arsyad Al-Banjari’s Qiyās for Integrating Banjarese Traditions into Islamic Law. Arsyad Al-Banjari’s Insights on Parallel Reasoning and Dialectic in Law, 179–221. https://doi.org/10.1007/978-3-030-91676-3_6

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM. Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 1(1), Art. 1. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/JKIP/article/view/1498

Riadi, A. (2018). KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN. ITTIHAD, 15(28), 52–67.

Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775

Syaifullah, A. (2020). MODERASI ISLAM DALAM KITAB SABILAL MUHTADIN: KEARIFAN LOKAL TANAH BANJAR. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 31–44. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3676

Syukur, A. (2016). Pemikiran Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari dalam Bidang Fiqh (1); Kitab Sabil al-Muhtadin. Dalam Abdul Rahman Abdullah, Biografi Agung Sheikh Arshad al-Banjari. Shah Alam, Selangor: Karya Bestari.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id