MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KELAS INKLUSI BAGI ANAK DIFABEL

Samsuni Samsuni

Abstract


Anak difabel memiliki hak yang sama dengan anak normal lainnya dalam memperoleh pendidikan. Manajemen sumber daya pendidik ada tiga kelompok guru pada sekolah inklusi, diantaranya guru mata pelajaran, guru kelas dan guru pembimbing khusus. Patut diperhatikan juga adanya kurikulum khusus anak difabel. manajemen sumber daya pendidik difabel meliputi: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengelolaan dan Evaluasi pendidikan inklusif, yang dilakukan agar dapat menilai segala kegiatan yang dilakukan telah tercapai dengan tujuan yang ditetapkan. Pokok perhatian manajemen sumber daya pendidik pada manajemen lingkungan (internal dan eksternal). Sekolah, masyarakat (luar dan dalam) dan para stakeholder turut serta berpartisipasi dan bekerja sama. Dan manajemen layanan khusus yang menunjang kegiatan pembelajaran agar tujuan pendidikan bisa tercapai secara efektif dan efisien.

Full Text:

PDF

References


Adhiyati adhiyati, Suid suid, dan Tursinawati tursinawati. “Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas untuk Siswa yang Berkebutuhan Khusus di Sdn 16 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unsyiah 1, no. 2 (2016).

David Wijaya, S. E. Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Prenada Media, 2019.

Garnida, Dadang, dan Dinah Sumayyah. “Pengantar pendidikan inklusif,” 2015.

Harfiani, Rizka. Manajemen Program Pendidikan Inklusif: Studi Analisis Raudhatul Athfal. Vol. 1. umsu press, 2021.

Hasyim, Abd Wahid, dan Yayat Suharyat. “Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud).” Edukasi 1, no. 2 (2009): 1–12.

Kustawan, Dedy. Pendidikan inklusif & upaya implementasinya: Pedoman teknis penyelenggaraan Permendiknas no. 70, tahun 2009. PT Luxima Metro Media, 2012.

Marthan, Lay Kekeh. “Manajemen pendidikan inklusif.” Jakarta: Dirjen Dikti, 2007.

Permendiknas, R. I. “No. 27 Tahun 2008 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.” Bandung: Nuansa Aulia, t.t.

Rahayu, Sri Muji. “Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Inklusif.” Jurnal Pendidikan Anak 2, no. 2 (2013).

Siswadi, Imran. “Perlindungan Anak dalam Perspektif Hukum Islam dan HAM.” Al-Mawarid Journal of Islamic Law 11, no. 2 (2011): 26067.

Sumarni, M. Si. “Pengelolaan Pendidikan Inklusif di Madrasah.” Edukasi 17, no. 2 (2019): 294355.

Umami, Febriana Nur. Permasalahan dalam Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta, 2016.

Windarsih, Chandra Asri, Dedah Jumiatin, Efrizal Efrizal, Nita Sumini, dan Lina Oktariani Utami. “Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 4, no. 2 (2017): 7–11.

Zuniar, Farida, dan Muhamad Chamdani. “Pengelolaan Kelas yang Baik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas Inklusi.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v6i2.274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id