PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA MENTAL SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTS RAUDHATUSSIBYAN KABUPATEN BANJAR

Emilya Ulfah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Mental Spiritual peserta didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar. Guru akidah akhlak sudah melakukan upaya dalam membina mental spiritual peserta didik. Namun ternyata masih terdapat peserta didik yang berperilaku tidak baik seperti kurang disiplin, tidak mentaati tata tertib sekolah, dan ribut saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi pokok permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membina mental spiritual peserta didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat Guru Akidah Akhlak dalam Membina Mental Spiritual Peserta Didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Mental  Spiritual  Peserta Didik  di  MTs Raudhatussibyan  Kabupaten Banjar. Adapun subjek dalam penelitian ini Guru Akidah Akhlak yang mengajar di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah  wawancara,  observasi  dan  dokumentasi.  Teknik  pengolahan data yang digunakan yaitu editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Berdasarkan  hasil  penelitian, diketahui  bahwa  peran  guru  akidah akhlak dalam membina mental spiritual peserta didik di MTs Raudhatussibyan Kabupaten Banjar adalah guru sebagai pendidik, guru sebagai model dan teladan, dan guru sebagai motivator. Adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat peran guru antara lain: 1) faktor guru, 2) faktor siswa, dan 3) fasilitas.


Full Text:

PDF

References


Aziz, Hamka Abdul. Karakter Guru Profesional, (Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2012)

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010)

Firmansyah, Iman. “Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 17 No. 2 Tahun 2019

Kosilah dan Septian, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 1, No. 6 (2020)

Kusumastuti, Adhi dan Ahmad Mustamil Khoiron, Metode Penelitian Kualitatif (Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015)Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2008)

Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif, (Surakarta, 2014).

Ramdhan, Muhammad. Metode Penelitian,(Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021)

Syahidin, Dkk, Moral dan Kognisi Islam (Bandung: CV. Alfaveta, 2009)

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: Pustaka Widyatama, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id