Profil Kecemasan Matematika Mahasiswa Calon Guru SD/MI

Nida Mauizdati

Abstract


Matematika selama ini dikenal sebagai mata pelajaran dikategori sulit, baik itu di tingkat pendidikan dasar bahkan hingga perguruan tinggi. Matematika menjadi semacam common enemy bagi siswa. Hal ini dikarenakan sulitnya mata pelajaran ini ditunjang dengan paradigma di kalangan orangtua bahwa kesuksesan belajar matematika adalah indikator kecerdasan siswa. hal tersebut kemudian menjadikan matematika sebuah tekanan bagi pelajar dan membuatnya merasa takut dengan matematika. Ketakutan dan perasaan tidak senang dengan matematika kemudian dikenal dengan sebutan kecemasan matematika. Dalam penelitian ini penulis berusaha menampilkan gambaran kecemasan matematika yang ada pada mahasiswa semester IV Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di STIQ Amuntai yang mempelajari matematika sebagai bekal mengajar matematika pada tingkat SD/MI nantinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan matematika mahasiswa calon guru SD/MI ini masih berada pada tahap sedang

Full Text:

PDF

References


Anita, Ika Wahyu. "Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP." Infinity Journal 3.1 (2014): 125-132.

Ashcraft, Mark H. "Math anxiety: Personal, educational, and cognitive consequences." Current directions in psychological science 11.5 (2002): 181-185.

Ashcraft, Mark H., and Alex M. Moore. "Mathematics anxiety and the affective drop in performance." Journal of Psychoeducational assessment 27.3 (2009): 197-205.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana. 2017.

Darajat, Zakiah. Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung, 2001.

Dzulfikar, Ahmad. "Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru Matematika." JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1.1 (2016): 34-44.

Gunarsa, Singgih D. Psikologi Anak Bermasalah. Jakarta: BPK Gunung Mulia. 2001.

Muchson. Statistik Deskriptif. Online Publisher: Guepedia, t.thn.

Perry, Andrew B. "Decreasing math anxiety in college students." College Student Journal, vol. 38, no. 2, 2004, p. 321+. Accessed 13 May 2020.

Putri, Hafiziani Eka dan Idat Muqodas. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kecemasan Matematis, Self-Efficacy Matematis, Instrumen dan Rancangan Pembelajarannya. Sumedang: UPI Sumedang Press. 2019.

Qausarina, Husnul. Pengaruh Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2016.

Safaria, Triantoro dan Nofrans Eka Saputra. Manajemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: Bumi Aksara. 2012.

Satriyani, Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matemastis Siswa, Skripsi, 2016, diakses di: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32047/ 3/SATRIYANI-FITK.pdf, pada 13 Mei 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2012.

Susanti, Devi Winja, and Faridah Ainur Rohmah. "Efektivitas musik klasik dalam menurunkan kecemasan matematika (math anxiety) pada siswa kelas XI." HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia) 8.2 (2012): 129-142.

Susanto, Ahmad. Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media. 2018.

Udil, Patrisius. "Identifikasi Profil Kecemasan Matematika Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Cendana." Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika 1.2 (2019): 85-91.

Wicaksono, Arief Budi, and M. Saufi. "Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika." Makalah diseminarkan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta. Vol. 19. 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v4i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id