HIJAB: BETWEEN IDEOLOGY AND FASHION (Studi Ekspresi Religiusitas Masyarakat Banjar Pahuluan Melalui Hijab di Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan)

Mardhiya Agustina, Miftahul Jannah

Abstract


Agama merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Agama adalah keyakinan dan aturan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Islam salah satu ajaran pentingnya adalah kewajiban menutup aurat dengan hijab. Hijab bagi seorang Muslimah adalah merupakan simbol agama. Dan yang menarik, hijab juga menjadi tren fashion masa kini. Berdasarkan hal ini penelitian tentang ekspresi religiusitas melalui hijab menarik untuk dilakukan. Maka artikel ini akan mengidentifikasi bagaiman masyarakat Banjar Pahuluan Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan mengekpresikan religiusitasnya melalui pemakaian hijab. Penelitian dilaksanakan melalui studi kasus menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Dilaksanakan selama tiga bulan, Januari 2021-Maret 2022. Hasil penelitian ialah :  (1) perbedaan internalisasi pengetahuan tentang hijab menyebabkan perbedaan dalam memahami hijab itu sendiri; (2) eksternalisasi pemahaman yang dimiliki tentang hijab terlihat dari bagaimana penggunaan hijab dalam kehidupan sehari-hari (3) simbolisasi penggunaan hijab tidak terlepas dari trend fashion yang berkembang di masyarakat Banjar sendiri maupun di dunia. Ini berarti bahwa masyarakat dalam mengekspresikan religiusitasnya melalui hijab tidak hanya dilandasi oleh pengetahuan dan kesadaran akan perintah agama, namun juga tidak terlepas dari genggaman kemajuan industri yang menjadikan hijab sebagai komoditi  trend fashion. Artikel menyimpulkan bahwa melalui internalisasi pengetahuan yang benar tentang hijab, dapat menuntun masyarakat untuk dapat menggunakan hijab yang selaras dengan tuntunan agama meskipun mengikuti trend fashion kekinian.

Kata Kunci: Hijab, Fashion, Relegiusitas, Masyarakat Banjar


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, Syarifah. Budi Handrianto. Imas Kania Rahman. 2020. Adab Berpakaian Wanita Muslimah Sesuai Tuntunan Syariat Islam Vol. 4, No. 2.

Bakti, Indra Setia. Nirzalin Nirzalin. Alwi Alwi. 2019 “Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard”, Jurnal Sosiologi USK Vol. 13 .

Barnard, M. (2011). Fashion Sebagai Komunikasi Cara Mengomunikasikan Identitas Sosial, Seksual, Kelas, Dan Gender. Yogyakarta: Jalasutra.

Bungin, B. (2001). Metodologi penelitian kualitatif aktualisasi metodologis ke arah ragam varian kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatimah, Siti. Amalia Nuril Hidayati. 2020. “Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Dan Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab”. Jurnal Ekonomika Vol. 6 No. 2.

Fauzi, Ahmad. 2016. “Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam”. Jurnal Iqtishodia Vol. 1 No.1.

Habsari, Sinung Utami Hasri. 2015. Fashion Hijab Dalam Kajian Budaya Populer, Jurnal PPKM UNSIQ.

Hendroyono, H. (2013). Brand gardener edisi khusus tumbuh berkembang. Jakarta: Literati.

Ibrahim, I. S. 2007. Budaya populer sebagai komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Ibrahim, Subandy.1996. Fashion Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Naira, Anilatin.2014. “Makna Budaya Pada Jilbab Modis (Study Pada Anggota Hijab Style Community Malang)”. Academia: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.

Nobisa, Yahya Nikmad. 2021. Penggunaan Hijab Dan Pengaruhnya Terhadap Prilaku Keagamaan Siswi Man Kupang, Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 6 No.2 2021.

Novianti, Ida. 2013. “Ideologi Jilbab (Pergeseran Makna Dan Religiusitas Pemakaian Jilbab Di Indonesia)”. Jurnal Penelitian Agama Vol. 14, No. 1.

Rahayu, Lina Meilinawati. 2016. “Jilbab: Budaya Pop Dan Identitas Muslim Di Indonesia”. Jurnal Kebudayaan Islam. Vol. 14 No. 1.

Ramadana, Reimia “Hadis Hijab Pandangan Kontemporer: Studi Terhadap Pemahaman Fatima Mernissi, Quraish Shihab, dan Muhammad Syahrur”, Jurnal Penelitian ILmu Ushuluddin Vol. 2 2022.

Roziqin, Ahmad Khoirur.2018. “Jilbab, Hijab Dan Telaah Batasan Aurat Wanita”. Jurnal Ilmu Al Qur’an Dan Hadist Vol. 1, No.2.

Sobur, A. (2013). Filsafat komunikasi tradisi dan metode fenomenologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofiyah, Ahla. Ashif Az Zafi. 2020. “Hijab Bagi Wanita Muslimah Di Era Modern”. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 13 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id