MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN PENILAIAN SIKAP DAN KETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 DENGAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN PEMATANG BARU

Aripin Aripin

Abstract


ABSTRAK

Masih kurangnya guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan disebabkan kurangnya kompetensi guru tentang penialaian pada kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (Shcool action reaseac) tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan lembaran observasi yang difokuskan dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan yang dilakukan guru di SDN Pematang Baru tahun pelajaran 2022/2023 pada semester I. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan dapat meningkat dengan kegiatan supervisi klinis terbukti pada siklus I kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan adalah 74%. Aktivitas kepala sekolah dalam melakukan supervisi klinis siklus I 78% terlaksana dan aktivitas guru dalam kegiatan supervisi klinis siklus I 84% terlaksana. Setelah direfleksi terjadi peningkatan pada siklus II rata – rata kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan menjadi 93%, aktivitas kepala sekolah meningkat menjadi 94% terlaksana serta aktivitas guru 96%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan pada guru kelas di SDN Pematang Baru.

 

Kata Kunci : Kompetensi Guru, penilaian sikap dan keterampilan, Supervisi Klinis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Daryanto. 2011. Administrasi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Hamza B. Uno. 2010. Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nur Aedi, 2014, Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers

Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sagala,Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Cet. VI; Bandung: Alfabeta

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat

Suprananto, Dkk .2012.Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen pasal 10 ayat (1




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id