MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN PENILAIAN SIKAP DAN KETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 DENGAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SDN PEMATANG BARU
Abstract
ABSTRAK
Masih kurangnya guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan disebabkan kurangnya kompetensi guru tentang penialaian pada kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (Shcool action reaseac) tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan lembaran observasi yang difokuskan dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan yang dilakukan guru di SDN Pematang Baru tahun pelajaran 2022/2023 pada semester I. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan dapat meningkat dengan kegiatan supervisi klinis terbukti pada siklus I kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan adalah 74%. Aktivitas kepala sekolah dalam melakukan supervisi klinis siklus I 78% terlaksana dan aktivitas guru dalam kegiatan supervisi klinis siklus I 84% terlaksana. Setelah direfleksi terjadi peningkatan pada siklus II rata – rata kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan menjadi 93%, aktivitas kepala sekolah meningkat menjadi 94% terlaksana serta aktivitas guru 96%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan penilaian sikap dan keterampilan pada guru kelas di SDN Pematang Baru.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, penilaian sikap dan keterampilan, Supervisi Klinis
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Daryanto. 2011. Administrasi Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas, 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.
Hamza B. Uno. 2010. Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nur Aedi, 2014, Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers
Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sagala,Syaiful. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Cet. VI; Bandung: Alfabeta
Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat
Suprananto, Dkk .2012.Pengukuran dan Penilaian Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu
Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen pasal 10 ayat (1
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.297
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id