MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DUA BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KOMBINASI NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SDN TIWINGAN KABUPATEN BANJAR

ERLINAWATI SARAGIH

Abstract


Permasalahan yang dihadapi di SDN Tiwingan adalah proses  pembelajaran yang terjadi hanya satu arah/terfokus pada guru dan siswa pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, siswa hanya terpaku pada buku paket sehingga bersifat monoton dan siswa kurang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu perlu dilakukan inovasi pembelajarn melalui model Student Team Achievment Division kombinasi Number Head Together yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi menentukan KPK dua bilangan.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan setting penelitian dilakukan di SDN Tiwingan pada kelas IV tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang, terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Hasil yang dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh selama penelitian adalah bahwa aktivitas guru berada pada kriteria sangat baik dengan skor 87,5 pada akhir siklus II, aktivitas siswa mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase  90% dari seluruh siswa, dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 86%, sehingga secara keseluruhan penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil dengan menggunakan model STAD kombinasi NHT.

Berdasarkan dari hasil kesimpulan yang didapatkan maka disarankan kepada guru  agar  dapat menggunakan salah satu model pembelajaran khususnya model Student Team Achievment Division (STAD) kombinasi Number Head Together (NHT) dalam  pembelajaran  matematika. Bagi kepala sekolah disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumbangan pemikiran dalam merencanakan program inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kuwalitas proses belajar mengajar dalam pembelajran matematika guna meningkatkan minat serta hasil belajar siswa, serta diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Bagi peneliti berikutnya hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini dengan sebaik-baiknya dan dapat menerapkan salah satu model dari kombinasi model pembelajaran yang peneliti gunakan, khususnya dalam pembelajaran matematika.Peneliti juga berharap hasil temuan ini dapat bermanfaat untuk kepentingan peningkatan mutu pendidikan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id