Peningkatan Hasil Belajar Tematik Pada Tema 5 Pahlawan Ku Melalui Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa Kelas IV SDN Simpang Empat 3 Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar

ISNA MAULIDA

Abstract


Abstrak
Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa
serta memperbaiki pembelajaran guru pada saat fokus pembelajaran pada tema 5
pahlawan ku dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (penelitian tindakan kelas), yaitu penelitian
yang bertujuan memberikan sumbangan nyata peningkatan profesionalisme guru,
menyiapkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan tentang prilaku guru pengajar dan
murid belajar. Hasil penelitian Melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar tematik pada tema 5 Pahlawan ku dengan model pembelajaran
Problem Based Learning di Kelas IV SDN Simpang Empat 3 Kecamatan Simpang Empat
Kabupaten Banjar. Aktivitas guru yang baik dalam mengajar dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada
tema 5 Pahlawan ku dengan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SDN
Simpang Empat 3 Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar.Keaktifan siswa dalam
belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik pada tema 5 Pahlawan ku dengan model
pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SDN Simpang Empat 3 Kecamatan
Simpang Empat Kabupaten Banjar.
Kata kunci: Peningkatan, Tematik, PBL
Abstract
The purpose of this research is to improve student thematic learning outcomes and improve
teacher learning when learning focuses on the 5 my heroes theme by using the Problem
Based Learning (PBL) learning model. The type of research used is PTK (classroom action
research), namely research that aims to make a real contribution to increasing teacher
professionalism, preparing knowledge, understanding and insight about the behavior of
teaching teachers and student learning. The results of the study through the Problem Based
Learning learning model can improve thematic learning outcomes on the theme 5 My Heroes
with the Problem Based Learning learning model in Class IV SDN Simpang Empat 3,
Simpang Empat District, Banjar Regency. Good teacher activity in teaching using the
Problem Based Learning learning model can improve thematic learning outcomes on the
theme 5 My Heroes with the Problem Based Learning learning model in Class IV SDN
Simpang Empat 3 Simpang Empat District, Banjar Regency. Student activity in learning
using the learning model Problem Based Learning can improve learning outcomes of
thematic learning on the theme 5 My Heroes with the Problem Based Learning learning
model in Class IV SDN Simpang Empat 3, Simpang Empat District, Banjar Regency.
Keywords: Upgrade, Thematic, PBL


Full Text:

PDF

References


Baharuddin. 2009. Psikologi Pendidikan Perkembangan. Yogyakarta: Arruz Media

Kemendikbud. 2013.Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta:

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud Kemendikbud.2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mansur, muslich. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara

Nana Sudjana,. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman. 2011. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Tim Kemdikbud. 2014. Buku Pegangan Guru IPS Kelas IX Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud RI.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id