MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) SDN GUDANG TENGAH KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR

RABBANI RABBANI

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan
media pembelajaran IHT sehingga siswa menjadi terbantu dan bermanfaat untuk siswa
dalam belajar dan memahami materi, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yaitu suatu
pencermatan terhadap kegiatan perencanaan dan pelaksanaan melalui sebuah tindakan
yang sengaja dimunculkan kemudian dikaji dalam bentuk kajian reflektif oleh pelaku
tindakan. Hasil penelitian pertama, In House Training (IHT) dari kepala sekolah dapat
meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran di SDN Gudang
Tengah Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar terbukti hasil kompetensi guru
membuat media siklus I 70% setelah di refleksi siklus II meningkat menjadi 89% terjadi
peningkatan 19 %. Kedua, Aktivitas peneliti dalam kegiatan In House Training (IHT) terus
meningkat dan sangat baik terbukti dengan aktivitas peneliti siklus I 76% setelah direfleksi
siklus II meningkat menjadi 90%, terjadi peningkatan sebesar 14%. Ketiga, Aktivitas guru
dalam kegiatan In House Training (IHT) terus meningkat dan sangat baik terbukti dengan
aktivitas guru siklus I 71% setelah direfleksi siklus II meningkat menjadi 91% terjadi
peningkatan sebesar 20%.
Kata kunci: Guru, Media Pembelajara, IHT
Abstract
This research was conducted to improve the ability of teachers to develop IHT learning media
so that students become helpful and useful for students in learning and understanding the
material. This research uses a qualitative approach. In this study the School Action Research
(PTS) method was used, namely an examination of planning and implementation activities
through an action that was deliberately raised and then studied in the form of a reflective
study by the perpetrators of the action. The results of the first study, In House Training (IHT)
from school principals can increase teacher competence in developing learning media at
Gudang Tengah Elementary School, Sungai Tabuk District, Banjar Regency, it is proven that
the results of teacher competency in making media cycle I 70% after reflection in cycle II
increased to 89%. an increase of 19%. Second, the activity of researchers in In House Training
(IHT) activities continues to increase and is very good as evidenced by the activity of cycle I
researchers of 76% after being reflected in cycle II increased to 90%, an increase of 14%. Third,
teacher activity in In House Training (IHT) activities continues to increase and is very good as
evidenced by the activity of cycle I teachers of 71% after being reflected on cycle II increased
to 91% an increase of 20%.
Keywords: Teachers, Learning Media, IHT


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa`dun, 2013. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bndung ; Rosda

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Ade Rusliana. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta. Bumi Aksara

BSNP, Buku Panduan Penyusunan KTSP, Jakarta: BSNP, 2006.

Nanang, Hanfiah dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Hamza B. Uno. 2010. Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Martinis Yamin.(2006). Profesionalisasi Guru dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa, E.. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Majid, A. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Standar Kompetensi guru Bandung: Remaja Rosdakarya

Nanang, Hanfiah dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasioanal Pendidikan pasal 28 (3)

Sagala, Rivai, Veithzal., dan Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari teori ke Praktek. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sardiman, A.M. 2013. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat

Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen

Usman, Muhammad Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

UU RI No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 1, ayat 10




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id