MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SATUAN PANJANG, BERAT DAN WAKTU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SDN CINDAI ALUS 1 KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningktakan hasil belajar matematika dengan model PBS learning karena masih rendahnya keterampilan siswa dalam beberapa hal seperti keterampilan berinteraksi/ berkomunikasi, keterampilan mengolah informasi dan keterampilan berhitung. Salah satu penyebab utama masalah diatas adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang relevan dengan kurikulum 2013 oleh guru dalam pembelajaran.Dari masalah ini guru harus bisa mencari model pembelajaran yang bisa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan siswa dalam pembelajaran, metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis & Mc. Taggart, yang mana berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi satuan panjang, berat dan waktudi kelas III SDN Cindai Alus 1 terbukti dengan ketuntasan siswa siklus I 73% dan setelah di refleksi ketuntasan siswa meningkat menjadi 90% terjadi peningkatan sebesar 17%. Kedua, Aktivitas guru yang baik dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi satuan panjang, berat dan waktudi kelas III SDN Cindai Alus 1, terbukti aktivitas guru siklus I sebesar 83% dan setelah di refleksi meningkat menjadi 98% terjadi peningkatan sebesar 15%. Ketiga, Keaktifan siswa dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi satuan panjang, berat dan waktudi kelas III SDN Cindai Alus 1 terbukti keaktifan siswa siklus I sebesar 70% dan setelah di refleksi meningkat menjadi 85% terjadi peningkatan sebesar 15%
Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, PBS Learning
Abstract
The purpose of this study was to improve mathematics learning outcomes with the PBS learning model because students' skills were still low in several ways such as interaction/communication skills, information processing skills and numeracy skills. One of the main causes of the problems above is the use of learning models that are less relevant to the 2013 curriculum by teachers in learning. From this problem teachers must be able to find learning models that can develop students' skills and knowledge in learning, the research method used is classroom action research using action research model from Kemmis & Mc. Taggart, which spirals from one cycle to the next. The results showed that through the Problem Based Learning learning model it could improve mathematics learning outcomes in the length, weight and time unit material in class III SDN Cindai Alus 1 as evidenced by the completeness of students in the first cycle of 73% and after reflecting on student completeness increased to 90% there was an increase of 17%. Second, good teacher activity in teaching using the Problem Based Learning learning model can improve mathematics learning outcomes in unit length, weight and time material in class III SDN Cindai Alus 1, it is proven that the teacher activity in cycle I was 83% and after reflection increased to 98% there was an increase of 15%. Third, the activeness of students in learning by using the Problem Based Learning learning model can increase the results of learning mathematics in the material unit length, weight and time in class III SDN Cindai Alus 1, it is proven that the students' activity in cycle I was 70% and after reflection increased to 85% there was an increase by 15%
Keywords: Learning Outcomes, Mathematics, PBS Learning
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Akbar, Sa`dun, 2013. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bndung ; Rosda
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada media Group
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Hayuna Hamdalia Herzon, 2018. Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Malang :Pascasarjana Universitas Negeri Malang e jurnal
Kemdikbud.2013.Pedoman Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Oleh Guru Inti. Jakarta : Kemdikbud
Kemdikbud.2013.Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemdikbu
Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud. 2014. Permendikbud No. 103 tentang pedoman pelaksanaan pembelajaran.Jakarta: Kemendikbud
Mulyasa.2013. Pengembangan dan Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur, muslich. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesiolisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Tim Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya : Bumi Aksara
Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id