SISTEM PENGELOLAAN KURIKULUM DAN KEUANGAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI KECAMATAN SUNGAI TABUK

Darawati Darawati

Abstract


Abstrak

 

Kurikulum memiliki peran penting dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran dan menjadi penentu proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Oleh karena itu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan. Sedangkan keuangan pada suatu sekolah atau madrasah, merupakan upaya yang menentukan terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar di sekolah bersama komponen yang lain. Komponen  keuangan ini perlu dikelola sebaik-baiknya, baik mengenai perencanaan keuangan, strategi penggalian dana, implimentasi keuangan maupun mengenai pelaporannya, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Atas dasar itu, fokus penelitian dibentuk dalam tiga sub fokus: (1)Bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah, Madrasah Diniyah Hidayatussibyan, dan Madrasah Diniyah Fita’limissibyan, (2)Bagaimana problematika pengelolaan  kurikulum tersebut (3) Bagaimana perencanaan dan strategi penggalian dana, implementasi keuangan, dan pelaporannya. Untuk memperoleh pemahaman dan pengertian yang  mendalam terhadap substansi focus masalah tersebut, peneliti menggunakan  pendekatan  kualitatif. Pengumpulan data dilakukan  melalui wawancara, pengamatan  dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah, para pengelola yang ada di lingkungan Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah, Madrasah Diniyah Hidayatussibyan, dan Madrasah Diniyah Fita’limissibyan. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut:(1)Kurikulum yang di gunakan adalah kurikulum Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Kegiatan pengelolaan kurikulum di Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah, Madrasah Diniyah Hidayatussibyan, dan Madrasah Diniyah Fita’limissibyan  sudah sesuai dengan fungsi manajemen kurikulum namun problema yang dihadapi meliputi kurangnya jam belajar tatap muka di karenakan sore hari, kurangnya guru yang berkualifikasi S1, kurangnya sarana dan prasarana madrasah. Pengelolaan keuangan pada ketiga buah madrasah tersebut memiliki kesamaan pola sistem pengelolaan keuangan yang di rasa sudah efektif , baik aspek perencanaan, strategi penggalian dana dan implimentasi dana. Sedang pelaporan terutama pembukuannya masih kurang. Sehingga terjadi tugas rangkap bagi kepala madrasah..

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan Keuangan, Madrasah Diniyah Takmiliyah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Karni, Asrori. S. Etos Studi Kaum Santri Wajah Baru Pendidikan Islam, Jakarta : PT

Mizan Publika, 2009.

Muthalib, Abdul. Metode Penelitian Pendidikan Islam, Banjarmasin : Antasari

Press, 2006

Miles, M. B dan M. Huberman, A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah

TjetjepRohendi. Jakarta: UI-Press

Putra Daulay, Haideri. Dinamika Pendidikan Islam Di Asia Tengggara , Bandung :

Cita Pustaka.2004

Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam strategi Baru Pengelolaan Lembaga

PendidikanIslam, Surabaya: Erlangga, t.t.p.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id