SISTEM PENGELOLAAN KURIKULUM DAN KEUANGAN MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI KECAMATAN SUNGAI TABUK
Abstract
Abstrak
Kurikulum memiliki peran penting dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran dan menjadi penentu proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Oleh karena itu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan. Sedangkan keuangan pada suatu sekolah atau madrasah, merupakan upaya yang menentukan terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar di sekolah bersama komponen yang lain. Komponen keuangan ini perlu dikelola sebaik-baiknya, baik mengenai perencanaan keuangan, strategi penggalian dana, implimentasi keuangan maupun mengenai pelaporannya, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Atas dasar itu, fokus penelitian dibentuk dalam tiga sub fokus: (1)Bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah, Madrasah Diniyah Hidayatussibyan, dan Madrasah Diniyah Fita’limissibyan, (2)Bagaimana problematika pengelolaan kurikulum tersebut (3) Bagaimana perencanaan dan strategi penggalian dana, implementasi keuangan, dan pelaporannya. Untuk memperoleh pemahaman dan pengertian yang mendalam terhadap substansi focus masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah, para pengelola yang ada di lingkungan Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah, Madrasah Diniyah Hidayatussibyan, dan Madrasah Diniyah Fita’limissibyan. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut:(1)Kurikulum yang di gunakan adalah kurikulum Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Kegiatan pengelolaan kurikulum di Madrasah Diniyah Raudhatul Jannah, Madrasah Diniyah Hidayatussibyan, dan Madrasah Diniyah Fita’limissibyan sudah sesuai dengan fungsi manajemen kurikulum namun problema yang dihadapi meliputi kurangnya jam belajar tatap muka di karenakan sore hari, kurangnya guru yang berkualifikasi S1, kurangnya sarana dan prasarana madrasah. Pengelolaan keuangan pada ketiga buah madrasah tersebut memiliki kesamaan pola sistem pengelolaan keuangan yang di rasa sudah efektif , baik aspek perencanaan, strategi penggalian dana dan implimentasi dana. Sedang pelaporan terutama pembukuannya masih kurang. Sehingga terjadi tugas rangkap bagi kepala madrasah..
Kata Kunci: Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan Keuangan, Madrasah Diniyah Takmiliyah.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Karni, Asrori. S. Etos Studi Kaum Santri Wajah Baru Pendidikan Islam, Jakarta : PT
Mizan Publika, 2009.
Muthalib, Abdul. Metode Penelitian Pendidikan Islam, Banjarmasin : Antasari
Press, 2006
Miles, M. B dan M. Huberman, A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah
TjetjepRohendi. Jakarta: UI-Press
Putra Daulay, Haideri. Dinamika Pendidikan Islam Di Asia Tengggara , Bandung :
Cita Pustaka.2004
Qomar, Mujamil. Manajemen Pendidikan Islam strategi Baru Pengelolaan Lembaga
PendidikanIslam, Surabaya: Erlangga, t.t.p.
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.357
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id