ANALISIS ASSESMENT PERKEMBANGAN SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TK INDRIYASANA SAMBILEGI MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

hj rahi mah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di TK Indriyasana Sambilegi Maguwoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk melihat assesment guru pada perkembangan seni anak dan mengetahui kebutuhan serta meningkatkan perkembangan anak khususnya dalam perkembangan seni serta membuat rencana cara/strategis menstimulsinya sesuai dengan tahapan usia anak. Dengan subjek penelitian siswa kelompok AJumlah siswa 13 yang terdiri dari 10 perempuan dan 3 laki-laki.Pengumpulan data melalui observasi, hasil karya anak (mewarnai, menempel, mengunting, dan kolase), dan unjuk kerja anak (menari dan senam). sedangkan alatnya dengan daftar checklist, narasi dan portofolio. Hasil penelitian yang kami lakukan, Penilaian yang digunakan di TK Indriyasana adalah menggunakan deskriptif berbentuk raport untuk per-semester dan untuk per-minggu ceklis. Untuk standar pendidikan pada assesmen dan evaluasinya sudah sangat baik. Assesmen sudah sesuai dengan peraturan ustandar pendidikan anak usia dini. Hanya saja untuk catatan harian tidak dilakukan setiap hari, tidak berjalan sesuai aturan yang ada, akan tetapi guru melakukan catatan perminggu. Pada perkembangan seni anak sudah berkembang sesuai harapan.

Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa, 2011, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Ismet Basuki, Hriyanto, 2014, Asesmen Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kostelnik Marjorie J. ,dkk, 2017, Kurikulum Pendidikan nak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak, Depok: Kencana.

Masnipal, 2013, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, Jakarta: PT Elex Media Koputindo.

Mulyani Novi, 2017, Pengembangan Seni Anak Usia Dini, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryana Dadan, 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak, Jakarta: KENCANA.

Uno Hamzah B., Satria Koni, 2012, Assessment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Yus Anita, 2012, Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak, Jakarta: Kencana Prenada Media goup.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id