IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI MI
Abstract
Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses terjadinya hubungan antara peserta
didik dengan daerah lingkungan tempat tinggal mereka, sehingga terjadi perubahan perilaku yang menjadi lebih baik. Dalam kegiatan mengajar tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan belajar peserta didik agar membantu perubahan perilaku dari peserta didik. Strategi pembelajaran juga akan menentukan efektifitas dan efesiensi pembelajaran.sPembelajaran perlu dilakukan dengan metode ceramah yang lebih sedikit akan tetapi bisa juga digabungkan dengan metode lain agar peserta didik mudah bosan.
Penggunaan strategi dengan berbagai macam strategi akan sangat membantu peserta didik dalam pencapaian tujuan belajar. Salah satu strategi pembelajaran yang baik adalah strategi pembelajaran kontekstual, karena strategi pembelajaran kontekstual ini dapat menggabungkan 3 aspek kecerdasan, yaitu
aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Strategi pembelajaran kontekstual dapat memberikan ruang bagi peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Jadi, siswa tidak hanya sebagai objek dalam proses belajar, tetapi peserta didik juga bisa menjadi subjek yang dapat menunjukkan keberadaan dan keikutsertaan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur atau kepustakaan, hasil penelitian ini menggambarkan bagaimana implementasi strategi pembelajaran kontekstual di MI.
Kata Kunci : Implementasi Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqh
Full Text:
PDFReferences
Arif Much Mahfud & Dwi Nur Ma’rifah Rr.Kusuma, 2019 “Implementasi Strategi
Pembelajaran Kontekstual Di MI (Madrasah Ibtidaiyah)”, Premiere, Vol 1 No 2.
Kadir Abdul, 2013 “Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah”, Jurnal Dinamika Ilmu,
Vol.13, No.3.
Utaminingsih Sri & Shufa Fael Naela Khusna, 2019 “Model Contextual Teaching and
Learning” , Kudus: PH Cipta, Oktober.
Ericka Darmawan & dkk, 2021 “Strategi Belajar Mengajar Biologi”, Magelang: Pustaka Rumah
Cinta.
http://fuadhasanscreen.blogspot.com/2012/01/strategi-pembelajaran-kontekstual.html Diakses
Pada Tanggal 13 Januari 2023
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v8i01.363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id