Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pembulatan Bilangan Melalui Model Pembelajaran Make a Match di kelas IV B SDN Paramasan Bawah 1 Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar
Abstract
Abstrak
Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 guru mampu menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa dan memberikan pengalaman belajar bagi siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa bisa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan guru di kelas IV B SDN Paramasan Bawah 1Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar pada semester II tahun pelajaran 2019/2020 Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai praktisi sedangkan teman sejawat bertindak sebagai pengamat observer. Melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil matematika pada materi pembulatan bilangan di kelas IV B SDN Paramasan Bawah 1 Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar. Hal ini terbukti dengan ketuntasan siswa pada aspek pengetahuan siklus I 75% dan setelah di refleksi ketuntasan siswa meningkat menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 17%. Pada aspek keterampilan ketuntasan siswa siklus I sebesar 60%, setelah direfleksi meningkat menjadi 88% terjadi peningkatan sebasar 28% dari siklus I ke siklus II.
Kata kunci: Matematika, Make A Match, Model Pembelajaran, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, PT, Rineka Cipta, Jakarta.
Agus. Cahyo, N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar teraktual Dan terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.
Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budayadan Karakter Bangsa: PedomanSekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur
Buku Pegangan Guru MATEMATIKA Kelas VIII Kurikulum2013. Jakarta: Kemendikbud RI.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdiknas.
Donni Juni Priansa dan Setiani, Ani dan. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Etin. Solihatin 2012. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran MATEMATIKA . Jakarta: Bumi Aksara
Heri Sulistyanto, dkk. 2008. Ilmu pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas
Kemendikbud. 2013.Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta:
Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud Kemendikbud.2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud
Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum SMP
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Suryosubroto. 2012. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya : Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Index By
Contact Us :
Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura
Kabupaten: Banjar
Provinsi: Kalimantan Selatan
Telephone: 0812-3587-1313
Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id