Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pembulatan Bilangan Melalui Model Pembelajaran Make a Match di kelas IV B SDN Paramasan Bawah 1 Kecamatan Paramasan Kabupaten Banjar

NORDIN A

Abstract


Abstrak

Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 guru mampu menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa dan memberikan pengalaman belajar bagi siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa bisa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan guru di kelas IV B SDN Paramasan Bawah 1Kecamatan Paramasan  Kabupaten Banjar pada semester II tahun pelajaran 2019/2020 Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai praktisi sedangkan teman sejawat bertindak sebagai pengamat observer. Melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil matematika pada materi pembulatan bilangan di kelas IV B SDN Paramasan Bawah 1 Kecamatan Paramasan  Kabupaten Banjar. Hal ini terbukti dengan ketuntasan siswa pada aspek pengetahuan siklus I 75% dan setelah di refleksi ketuntasan siswa meningkat menjadi 92% terjadi peningkatan sebesar 17%. Pada aspek keterampilan ketuntasan siswa siklus I sebesar 60%, setelah direfleksi meningkat menjadi 88% terjadi peningkatan sebasar 28% dari siklus I ke siklus II.

Kata kunci: Matematika, Make A Match, Model Pembelajaran, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, PT, Rineka Cipta, Jakarta.

Agus. Cahyo, N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar teraktual Dan terpopuler. Jogjakarta: Diva Press.

Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budayadan Karakter Bangsa: PedomanSekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur

Buku Pegangan Guru MATEMATIKA Kelas VIII Kurikulum2013. Jakarta: Kemendikbud RI.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Donni Juni Priansa dan Setiani, Ani dan. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Etin. Solihatin 2012. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran MATEMATIKA . Jakarta: Bumi Aksara

Heri Sulistyanto, dkk. 2008. Ilmu pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas

Kemendikbud. 2013.Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta:

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud Kemendikbud.2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud.2013. Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum SMP

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suryosubroto. 2012. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i02.375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id