STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ABAD 21 DALAM PROSES PENGUMPULAN AL-QUR’AN MASA NABI MUHAMMAD SAW

sahrahman sahrahman

Abstract


Pendidikan Agama Islam abad 21 mempunyai tantangan yang sangat berat. Ia tidak hanya berupaya mengendalikan lingkungan sekitar agar menjadi sumber pendidikan, namun budaya luar dengan aneka macam pilihan turut serta memberikan warna dalam proses pendidikan. Berbagai potensi dan tantangan tersebut dapat dirubah menjadi kekuatan besar melalui strategi tepat Pendidikan Agama Islam abad 21 yang digali berdasarkan peristiwa pengumpulan Al-Qur’an pada masa Nabi Muhammad saw. Strategi pendidikan tradisional terbukti paling baik dalam memperbaiki akhlak siswa tanpa mengabaikan tercapainya tujuan kognitif dan psikomotornya, meskipun kemampuan beradaptasinya dengan perkembangan zaman dinilai gagal. Pendidikan abad 21 menuntut siapnya generasi yang mampu bersaing secara global dan siap bekerja keras. Tulisan ini berupaya menjawab tantangan tersebut.
Dengan focus penelitian bagaimana Sejarah proses pengumpulan Al-Qur’an masa nabi muhammad SAW? dan bagaimana strategi pendidikan agama Islam abad 21 dalam proses pengumpulan Al-Qur’an masa nabi muhammad SAW?
Penelitian ini bersifat studi kepustakaan (Library Research) dalam arti semua datanya berasal dari bahan tertulis, yakni penulis mempelajari dan menelaah bahan- bahan pustaka khususnya yang berkenaan dengan strategi pendidikan agama Islam abad 21 dalam proses pengumpulan Al-Qur’an masa nabi muhammad SAW
Hasil penelitian ini adalah pertama sejarah Proses Pengumpulan Al-Qur’an masa nabi Muhammad SAW ada dua macam pertama pengumpulan Al-Quran dalam Konteks Hafalan Pada Masa Rasulullah SAW, kedua Pengumpulan Al- Quran dalam Konteks Penulisannya Pada Masa Rasulullah SAW. Kedua Strategi pendidikan agama Islam abad 21 dalam proses pengumpulan al-qur’an masa nabi muhammad SAW yaitu pertama, dengan cara melalui pemikiran kritis dan inovasi, kedua melalui kolaborasi dan kerja tim dan ketiga melalui etika dan tanggung jawab sosial

Full Text:

PDF

References


Bakri, Syamsul. Tarikh Islam: Transformasi Teologi dalam Lintasan Sejarah Peradaban. Surakarta: BukuKU Media, 2016.

Diamond, Jared M. Collapse : How Societies Choose to Fail or Succeed.

New York : Penguin, 2006. http://archive.org/details/collapse00jare.

González Martín, Rafael. “Identidad y naturaleza de la asignatura de Religión en las enseñanzas obligatorias del sistema educativo español del siglo XXI.” Albertus Magnus 9, no. 1 (1 Januari 2018): 109–29. https://doi.org/10.15332/s2011-9771.2018.0001.05.

Hidayati, Nur Alfin, Herman J. Waluyo, Retno Winarni, dan Suyitno Suyitno. “Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students.” International Journal of Instruction 13, no. 2 (1 April 2020): 179–98. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a.

Knowlton, B. C. “Why Study History? (M.) Collins and (P.N.) Stearns. Pp. Viii+197. London: London Publishing Partnership, 2020. Paper, £12.99. ISBN: 978-1-913019-04-4. Http://Londonpublishingpartnership.Co.Uk/Why-Study-

History/.” Journal of Classics Teaching 22, no. 44 (2021): 119–20. https://doi.org/10.1017/S2058631021000283.

Lawrence, Barbara S. “Historical Perspective: Using the Past to Study the Present.” The Academy of Management Review 9, no. 2 (April 1984): 307. https://doi.org/10.2307/258443.

Lee, Shu-Shing, dan David Hung. “Is There an Instructional Framework for 21st Century Learning?” Creative Education 03, no. 04 (2012): 461–70. https://doi.org/10.4236/ce.2012.34071.

Malik, Ranbir Singh. “Educational Challenges In 21st Century And Sustainable Development.” Journal of Sustainable Development Education and Research 2, no. 1 (30 Mei 2018): 9. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12266.

Menand, Howard. “Globalization and education: 21st century instructional practices for urban teachers.” Ph.D. Diakses 13 Januari 2023. https://www.proquest.com/docview/1399591277/abstract/13C10D94629841B1PQ

/7.

Muvid, Muhamad Basyrul, Yudi Septiawan, Maulana Arafat Lubis, dan Husniyatus Salamah Zainiyati. “Shaping socio-critical thinking of junior students using problem-based learning and inquiry strategy.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 11, no. 2 (1 Juni 2022): 780. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.21954.

Nasir, Nayab. “Need for Character Development Program Based on Islamic Doctrines as a Counter-Terrorism Approach at HEIs of Pakistan.” Religion & Education 49, no. 4 (2 Oktober 2022): 412–31. https://doi.org/10.1080/15507394.2022.2139995.

Nuttall, Dan. “What Is the Purpose of Studying History? Developing Students’ Perspectives on the Purposes and Value of History Education.” History Education Research Journal 18, no. 1 (20 April 2021). https://doi.org/10.14324/HERJ.18.1.06.

Riskiyana, Rilani, Nurul Qomariyah, Rachmadya Nur Hidayah, dan Mora Claramita. “Towards improving soft skills of medical education in the 21st century: A literature review.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 11, no. 4 (1 Desember 2022): 2174. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22951.

Schroeder, Ralph. Max Weber and the Sociology of Culture. London ; Newbury Park, Calif. : SAGE, 1992.

http://archive.org/details/maxwebersociolo00schr_0.

Suyuthi, Abdurrahman bin Abi Bakar as-. Tarikh al-Khulafa. Beirut: Dar al- Minhaj, 2013.

Tohri, Ahmad, Abdul Rasyad, Muhammad Sururuddin, dan Lalu Muhammad Istiqlal. “The urgency of Sasak local wisdom-based character education for elementary school in East Lombok, Indonesia.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 11, no. 1 (1 Maret 2022): 333. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21869.

United Nations Development Programme. Human Development Report 2016: Human Development for Everyone. Human Development Report. New York: UN, 2017. https://doi.org/10.18356/b6186701-en.

Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. III, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008

Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2008

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam diSekolah, Cet. IV, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada,

Mohammad Fadhil al-Jamali, Filsafat Pendidikan dalam al-Qur‟an,

Surabaya: Bumi Ilmu,1986

Abdurrahman al-Nahlawi, Usul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibiha fi al- Madrasat wa al- Mujtama‟, Damsyik: Darul Fikr, 1917

Ahmad Fu‟ad al-Ahwani, al-Tarbiyah fi al-Islam, Makkah: Darul Ma‟arif, 249 dalam Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: PustakaPelajar, 2010

Ali Asyraf, Horison Baru Pendidikan Islam, Cet. III, ter. Sori Siregar (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996)

Malik Fajar, Kontekstualisasi Ajaran Islam: Pengembangan Pendidikan Islam (Sekilas Telaah dari Sisi Mekanisme Alokasi Posisionil), Cet. I, Jakarta: IPHI dan Paramadina, 1995

Kamal, Taufik Adnan. (2001). Rekosntruksi Sejarah Alquran. Yogyakarta: Forum Kajian Budaya dan Agam

Mardan. (2009). Al-Qur’an Sebuah Pengantar Memahami Alquran Secara Utuh. Jakarta: Pustaka MAPAN

al-Sayuti, Jalal al-Din. (1996). Al-Itqan fi ‘Ulum Alquran. Beirut: Muassat alKutub al-Saqafiy

Muhammad Ismail, et.al. 2002. Prinsip-Prinsip Pemahaman Aal-Quran dan Al-Hadits. Cet.1. Jakarta: Khairul Bayaan, Sumber Pemikiran Islam

Farid Esack, The Quran; a Short Introduction/ Samudera Al-Quran, Penerjemah: Nuril Hidayah, (Jogjakarta: DIVA Press, 2007), Cet.1

Syaikh Manna’ Al-Qaththan, Pengantar Studi Ilmu Al-Quran/ Syaikh Manna’ Al-Qaththan, Penerjemah: H. Aunur Rofiq El-Mazni, (Jakarta: Pustaka Al- Kautsar, 2006), Cet.1




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v8i01.481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id