IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA INTI BANJARMASIN

Hanafi Hanafi

Abstract


Abstrak
TK Negeri Pembina Inti Banjarmasin merupakan Sekolah Penggerak Angkatan Pertama di Kalimantan Selatan yang telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk menyediakan layanan terhadap perbedaan karakteristik yang dimiliki oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran berdiferensiasi pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Inti Kota Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi yang telah dilakukan oleh pendidik sudah menggambarkan adanya layanan perbedaan karakteristik anak dalam hal minat anak dengan menyediakan kegiatan yang beragam melalui pembelajaran sentra. Faktor yang mendukung implementasi ini adalah pendidik yang mau belajar, berkarya, berbagi, berkolaborasi, dan mencapai keberkahan bersama. Faktor yang menghambat implementasi ini adalah media pembelajaran yang selalu diharapkan sesuai dan bisa menjadi perantara agar anak memahami apa yang pendidik sampaikan; dan administrasi yang belum ada format baku sehingga harus membikin sendiri.

Kata kunci: Anak Usia Dini, Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract
TK Negeri Pembina Inti Banjarmasin City is the first generation of catalyst school in South Kalimantan that has applied differentiated instruction to provide services for the different characteristics of children. The purpose of this research is was to know how implementation differentiated instruction and supporting and inhibiting factors diffrentiated instruction of early childhood in TK Negeri Pembina Inti Banjarmasin City. The kind of research is field research with a qualitative approach. This result of the research is that the implementation of a teacher already described the services of child caracteristic differences in child interest by providing varied activities trough beyond centers and circle time. The factors in supporting this implementations is educators who want to learn, create, share, collaborate and achieve a common blessing. The factors in inhibiting that implementations is the expected medium of learning can be appropriate and intercessor so that the child can understand the educators; and an administration that does not exist is a solid format so it has to make its own.

Keywords: Early Childhood, Implementation, Differentiated Instruction

Full Text:

PDF

References


Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSKAP KEMENDIBUDRISTEK.

Dewantara, Ki Hadjar. (2016). Belajar Dari Ki Hadjar. Tanggerang Selatan: Literati.

Shihab, Najelaa dan Komunitas Guru Belajar. (2016). Diferensiasi : Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. Tanggerang: Literati.

Thomlinson, Carol Ann. (2001). How to Differentiate Instruction In Mixed-Ability Classrooms. Alexandria : ASCD.

Tomlinson, Carol Ann. (1999) The differentiated classroom : responding to the needs of all learners. Alexandria : Association for Supervision and Curriculum Development.

Wathoni, Lalu Muhammad Nur. (2020) Hadis Tarbawi: Analisis Komponen-Komponen Pendidikan Perspektif Hadits. Lombok Tengah: Forum Pemuda Aswaja.

Sumber Internet:

Learning Management System Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid Modul Memahami Murid: Memetakan Kompetensi dan Kebutuhan Murid (2022) https://youtu.be/HK0DN3w5lhQ

Learning Management System Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuahan dan Karaktersitik Murid Modul Memahami Murid : Ragam Strategi Pemetaan Murid (2022) https://youtu.be/cfynQhSHbU8




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v8i01.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id