EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDHATUL JANNAH MARTAPURA

Emilya Ulfah

Abstract


ABSTRAK

Pada dasarnya bermain adalah dunia anak, karena dalam aktivitas bermain anak mengalami kegembiraan dan keingintahuan dari berbagai aspek baik afektif, kognitif maupun psikomotorik. Salah satu strategi pembelajaran dengan menggunakan metode Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak. Crossword puzzle atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah teka-teki silang, dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Berdasarkan dari informasi dari guru di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Martapura ini, belum ada yang menggunakan metode crossword puzzle ini sebelumnya. Dengan metode crossword puzzle diharapkan proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal dan para peserta didik mampu memahami materi yang disampaikan serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.  Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan oleh penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pelaksanaan metode pembelajaran crossword puzzle di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Martapura bisa dikatakan cukup baik karena pelaksanaan metode pembelajaran telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah yang ada dan tercapainya tujuan yang diinginkan. Minat belajar siswa “tidak sama dengan” tinggi setelah pelaksanaan metode pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Martapura dari hasil perbandingan t-hitung dengan t-tabel terlihat bahwa t-hitung > t-tabel atau 29,586 > 2,07961, maka hipotesis nihil Ho diterima. Sedangkan hipotesis alternatif Ha ditolak. Dan karena masih ada beberapa siswa yang berada pada kategori sedang dan rendah, oleh karenanya dikatakan minat belajar siswa “tidak sama dengan” tinggi setelah pelaksanaan metode pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran akidah akhlak. Efektivitas pelaksanaan metode pembelajaran crossword puzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Jannah Martapura, dapat dilihat bahwa ada 16 siswa dalam kategori minat belajar secara umum masuk dalam kategori minat belajar tinggi, 6 siswa masuk dalam kategori sedang, dan ada 1 siswa yang masuk dalam kategori rendah. Karena dari 23 siswa sebanyak 16 siswa atau sebesar 70% berada pada kategori minat belajarnya tinggi, maka pelaksanaan metode pembelajaran crossword puzzle ini bisa dikatakan efektif.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Crossword Puzzle, Akidah Akhlak


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyana. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cet ke-1. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. 2009. Guru Profesional:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muhafidin. Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Min 6 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negri Raden Intan, 2018.

Mursilah. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS XII SMK NURUL HUDA SUKARAJA. STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Sumatera Selatan. Volume 1, No. 1, Februari 2017.

Purwanto. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Ridwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2015. Strategi mengajar. Jakarta: Kencana.

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 2016. Strategi Mengajar Multiple Intelligences., Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri

Silberman. M. Active Learning: 101 Metode Pembelajaran Aktif. Yogyakarta:Pustaka Madani, 2009.

Siberman, M. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa, 2010.

Zaini, Hisyam dan Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani,tt.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v8i01.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id