MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL MELALUI MODEL INKUIRI KELAS XI IPS 4 SMAN 4 BANJARBARU KOTA BANJARBARU

Pinaringan Rahayu

Abstract


Abstrak

Melalui model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi pendapatan nasional kelas XI IPS 4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru. Hal ini dibuktikan ketuntsan siswa pada siklus I dari tes perngetahuan 68% rata rata siklus I setelah di refleksi meningktan pada siklus II menjadi 92% rata rata siklus II terjadi peningkatan sebesar 24%. Pada aspek sikap sosial hasil penilaian sikap siklus I pertemuan I nilai sikap sosial siswa 77 dengan kriteria cukup (C) dan siklus I pertemuan II sebesar 80 dengan kriteria cukup (C). Pada siklus II pertemuan I rata rata nilai sikap sosial siswa 86 dengan kriteria baik (B) dan siklus II pertemuan II rata rata sikap sosial sebesar 93 dengan kriteria sangat baik (SB). Pada aspek keterampilan juga terus meningkat dari siklus I ke siklus II dengan rata rata keterampilan siswa siklus I pertemuan I sebesar 78 dengan kriteria cukup (C). pada siklus I pertemuan II rata rata nilai keterampilan siswa meningkat menjadi 85 dengan criteria baik (B). Setelah direfksi rata rata nilai keterampilan siswa siklus II pertemuan I sebesar 95 dengan kriteria sangat baik (SB) dan siklus II pertemuan II rata rata keterampilan siswa meningkat menjadi 97 dengan kriteria sangat baik (SB). Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran dengan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi pendapatan nasional kelas XI IPS 4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru, terbukti rata rata aktivitas guru siklus I 83% terlaksana, setelah di refleksi meningkat pada siklus II menjadi 98% rata rata aktivitas guru siklus II terjadi peningkatan 15%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan model inkuiri dapat membantu meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi pendapatan nasional kelas XI IPS 4 SMAN 4 Banjarbaru Kota Banjarbaru, terbukti rata - rata aktivitas siswa siklus I 76% terlaksana, setelah direfleksi meningkat pada siklus II menjadi 94% rata rata aktivitas siswa siklus II terjadi peningkatan 18%

Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi, Inkuiri


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v4i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id