MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP BUDAYA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DIVARIASI DENGAN TEBAK KATA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI ATI’IM KECAMATAN PENGARON

Kusnadi Kusnadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ati’im Kecamatan Pengaron pada mata pelajaran PKn, hal ini dikarenakan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dan pengaruhnya terhadap budaya Indonesia pada tiga tahun terakhir. Salah satu factor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang konvesional, aktivitas belajar siswa yang masih rendah, kurangnya interaksi antar siswa dalam kegiatan pembelajaran, Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ati’im Kecamatan Pengaron yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penellitian menunjukkan bahwa model Student Teams Achievement Division divariasi Tebak Kata dapat meningkatkan kualitas guru dari siklus I pertemuan 1 dengan kategori baik menjadi sangat baik pada siklus II pertemuan 2. Aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 berdasarkan rata-rata kelas dengan kategori cukup aktif menjadi sangat aktif pada siklus II pertemuan 2. Sedangkan aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 berdasarkan klasikal dengan kategori sebagian aktif menjadi hampir seluruhnya aktif pada siklus II pertemuan 2. Adapun pada hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 terdapat 9 siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas pada siklus II pertemuan 2

Kata kunci: Hasil Belajar PKN, Student Teams Achievement Division

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of fourth grade students at Ati'im State Elementary School, Pengaron District in Civics subjects, this is due to the low student learning outcomes in Civics subjects on globalization and its influence on Indonesian culture in the last three years. One of the contributing factors is conventional learning methods, low student learning activity, lack of interaction between students in learning activities. The type of research conducted is Classroom Action Research. The research setting was the fourth grade students of Ati'im Public Elementary School, Pengaron District, with a total of 24 students consisting of 10 boys and 14 girls in the even semester of the 2018/2019 school year. The results of the research show that the Student Teams Achievement Division model with the Charades Variation can improve the quality of teachers from cycle I meeting 1 with good category to very good in cycle II meeting 2. Student activity cycle I meeting 1 based on class average with quite active category to very active in cycle II meeting 2. While student activities in cycle I meeting 1 based on classical with the partially active category became almost entirely active in cycle II meeting 2. As for student learning outcomes in cycle I meeting 1 there were 9 students who passed increased to 23 students who completed in cycle II meeting 2

Keywords: PKN Learning Outcomes, Student Teams Achievement Division


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendiknas.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono. 2013. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press

Hosnan, Muhammad. 2014. Pendekatan Scientific dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Jakarta: Ghali Indonesia.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2010. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2012. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. 2012. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Slameto. 2013. Belajar & Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, Robert Edward. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jakarta: Ar-Rruzz Media

Suprijono, Agus. 2013. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.

Suriansyah, Ahmad. 2013. Panduan Penulisan Karya Ilmiah Program PG-PAUD dan PGSD Universitas Lambung mangkurat. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Suriansyah, Ahmad. 2014. Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori-teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi Strategi dan Penilaian. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v24i01.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313