MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION)

Yati Jumariah

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 14 Banjarbaru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) pada Materi Teks Ulasan Film/Drama di Kelas VIII B SMP Negeri 14 Banjarbaru Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang selalu diakhiri dengan tes akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VIII B tahun pelajaran 2018-2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar peserta didik mulai dari prasiklus sampai pada setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan rata-rata tiap siklus. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan perorangan dan ketuntasan belajar klasikal atau bersama-sama di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus dengan rata-rata 71.41. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) mengalami peningkatan 6.66% menjadi 81.09 Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 5.39 % dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 84,37.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Kooperatif Tipe TAI, Film/Drama


Full Text:

DOC

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Zabadi, F, dkk. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman dan Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Halliday dan Hasan. 1992. Bahasa, Konteks dan Teks. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isnatun, Siti dan Farida. 2013.Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Alwi, Hasan. 2007. KBBI, edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81. A tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Balitbang.

Knapp dan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar. Technologies For Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press.

Mahsun. 2013. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syaifurrahman dan Tri Ujiati. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran, Jakarta: PT. Indeks.

Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching GenreBased Writing. Yogyakarta: Andi.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santoso, dkk. 2013. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Banten: Universitas Terbuka.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suyitno. 2007. Petunjuk Praktis Penelitian Tindakan Kelas Untuk Penyusunan Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Bab II, Pasal 3.

Umi Farikah, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dengan Media LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 2 Gajah Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2010/2011, Skripsi, IKIP PGRI Semarang: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v21i2.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313