UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MAWARIS MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING PADA SISWA SMA NEGERI 1 MANDASTANA KELAS XII MIPA 1 TAHUN 2018

Sugiannor Anwar

Abstract


Faktor yang menyebabkan hasil belajar PAI siswa rendah yaitu faktor internal antara lain: motivasi belajar, intelegensi, kebiasan dan rasa percaya diri. Faktor eksternal guru sebagai Pembina kegiatan belajar, startegi pembelajaran, sarana dan prasarana, kurikulum dan lingkungan. Pembelajaran harus berpusat pada siswa (focus on learners), memberikan pembelajaran dan pengalaman belajar yang relevan dan kontekstual dalam kehidupan nyata (provide relevant and contextualized subject matter) dan mengembangkan mental yang kaya dan kuat pada siswa. Beberapa simpulan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu: a) Siklus pertama keberanian siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat meningkat dari 70.83 % menjadi 85,72 % mengalami kenaikan sebesar 14,89 %. b) Skor rerata aktivitas siswa yang kurang relevan dengan pembelajaran mengalami penurunan dari siklus pertama sampai siklus kedua sebesar 21,43 %, sedangkan pada siklus kedua sebesar 9,52 % mengalami penurunan sebesar 11,91 %. c) Skor rerata pemahaman siswa tentang masalah Mawaris, pada siklus pertama sebesar 7,14 % dan pada siklus kedua pada siklus kedua 10,71 %, tergolong baik demikian juga tentang penuntasan belajar pada siklus pertama 71,42 % dan pada siklus kedua menjadi 89,28 %. Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah Mawaris dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Mandastana.

Kata Kunci: Peningkatan, mawaris, problem base learning


Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara, Jakarta, 2009.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. PT Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.

Bambang Murtedjo, Sirin dkk. Pendidikan Agama Islam Kelas 3 SD. PT Ganesa, Jakarta, 2007.

Departemen Agama RI. Al-Quran Terjemah , Jakarta, 1987.

Depdiknas. Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika. Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program SLTP, Jakarta, 2004.

Djamarah,S.B. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta, 2008.

Fathiyah Hasan Sulaiman, Sistem Pendidikan versi al-Ghazali, Bandung, PT. AlMaarif, 1986.

Iksan, M. Hayatul. Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan

Iksan, M. Hayatul., 2013, Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta

Iksan, M. Hayatul., Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, Jakarta, 2006.

John Dewey, Democracy and Education, New York : Macmillan, Originally Published, 1916.

Kamrani Buseri, Antologi Pendidikan Islam dan Dakwah: Pemikiran Teoritis Praktis Kontemporer, Yogyakarta, UII Press, 2003.

Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. IAIN sunan Ampel, Surabaya, 2010.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/drs.v19i2.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

 

 

 

Contact Us :

Jurnal Darussalam : Jurnal Ilmiah Islam dan Sosial

Address: Kantor Rektorat Institut Agama Islam Darussalam

Jl. Tanjung Rema, Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

CP : Muhammad Zulkifli

Telephone: 0812-3587-1313