MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PAHLAWANKU KEBANGGAANKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS IV SDN KELAMPAIAN ILIR 1 KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR

Basuni Basuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tema Pahlawanku Kebanggaanku dan aktifitas siswa serta aktifitas guru dengan menggunakan model pembelajaran tipe Example Non Example ini dalam kegiatan pembelajaran. Setting penelitian ini dilaksanakan di SDN Kelampaian Ilir 1 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar dengan sobjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus,setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap 2 pertemuan setiap siklus diadakan 1 kali evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam tindakan kelas ini adalah format observasi aktifitas siswa dan aktifitas guru dalam pembelajaran,dan juga tes formatif. Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koopratif tipe Example Non Example pada tema Pahlawanku Kebanggaanku dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kelampaian Ilir 1 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal pada siklus 1 mencapai 78,76 dan meningkat menjadi 84,46 pada siklus 2 melebihi kreteria ketuntasan minimal yaitu 75. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran tema Pahlawanku Kebanggaanku melalui model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dan aktivitas siswanya termasuk pada katagori baik. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini,pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar tema Pahlawanku Kebanggaanku.

Kata kunci : Hasil Belajar, Pahlawanku Kebanggaanku, Example Non Example.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2008.

Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. 2009.

Corebima, dkk. Pelatihan Terintergasi Berbasis Kompetensi Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas. 2002.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga. 1989.

Depdiknas. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas. 2003.

Depdinas. Materi Pelatihan Terintegrasi Materi Ilmu Pengetahuan Alam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Depdiknas. 2005.

Depdiknas, Standar Kompetensi SD-MI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Harmi, Sri. Jelajah Kecerdasan dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: MIA. 2009 .

Isjoni, Pembelajaran Koopratif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2009.

Muslich, Mansur . Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Indah. Jakarta : Bumi Aksara. 2009.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Beroreintasi Standar Proses. Jakarta : Perdana Media Group. 2007.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rajgrafindo Persada. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v3i2.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id