PERHATIAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Mihrab Afnanda

Abstract


Pendidikan kurikulum merupakan keseluruhan kegiatan yang dirancang sekolah untuk memberikan berbagai pengalaman kepada siswa, baik di dalam ataupun di luar kelas. Kurikulum tidak hanya identik dengan materi pelajaran, akan tetapi semua kegiatan yang dirancang sekolah untuk mengembangkan kapasitas diri siswa juga termasuk pada kurikulum. Pendidikan merupakan proses pemanusiaan manusia yang harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia selalu berkembang setiap saat seiring pesatnya perubahan zaman. Metoda analisis yang digunakan dalam pembahasan topik utama menggunakan model analisis content analysis dengan meninjau secara mendalam pendidikan kurikulum dengan sumber utama dari literature Islam dan umum. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Kurikulum di pandang sebagai jantung pendidikan hal ini sangat esensial bagi lembaga pendidikan. Melalui kurikulum maka proses belajar akan mudah dilaksanakan, dan kurikulum akan membentuk kepribadian seseorang agar mampu menghadapi problematika kehidupan. Dan juga kurikulum dapat diakui sebagai kekuatan tersendiri dalam membentuk prestasi dan produktivitas peserta didik. Dengan kurikulum akan menginterprestasikan lingkungan yang gemilang sehingga menciptakan insan yang mulia. Sedangkan karakteristi kurikulum harus sejalan dengan idelitas Islam. Antara kurikulum, motode, dan tujuan pendidikan Islam harus saling berkaitan (releven) dengan produk/hasil yang diinginkan. Cakupan dan kandungannya harus luas dan menyeluruh.

Kata Kunci : Pendidikan, Kurikulum, Pengembangan


Full Text:

Untitled

References


Abu Bakar bin Syariffuddin, Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam, (Bandar Seri Begawan: Universiti Brunei Darussalam, 2008)

Alwiah Alsagoff, Sharifah. Ilmu Pendidikan:Pedagogi, (Kuala Lumpur: Heinemann, 1986).

Al-Syaibani, Omar. Falsafah Pendidikan Islam, terjemahan Hasan Langgulung, (Selangor: Darul Ehsan, 1991)

Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994).

Kumar Singh, Yogesh. Sociological Foundation of Education, (New Delhi: S.B. Nanggia, 2008).

MM. Ali Hasan dan Mukti Ali, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2003)

Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2008)

Nurgiyantoro, Burhan. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, (Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2008).

Permana, Rahayu. Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia, https://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/3._SEJARAH-MASUKNYA-ISLAM-KE-INDONESIA_.pdf. lembar ke 2

Sabda, Syaifuddin. Konsep Kurikulum, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015).

Sadulloh, Uyoh. Pengantar Filsafat Pendidikan (Jogja: ALFABETA, CV Cetakan : kedua).

Sahari, Geliat Kurikulum Pendidikan Islam Di Indonesia,

Somantri, Tatang. Melek Aksara Untuk Tingkat Dasar, (Bnadung: PT. IndahJaya Adipratama, 2007).

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pendidikan Nasional dan No. 19 Tahun 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v5i1.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id