MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN BENTENG SEBERANG KECAMATAN PENGARON KABUPATEN BANJAR

Noor Aida

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran make a match hal ini dikarenakan Rendahnya hasil belajar pada materi pecahan sederhana siswa kelas III. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa, khususnya materi pecahan sederhana maka diperlukan model pembelajaran yang sesuai. Metode penelitian yang dipakai penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di dalam kelas yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar tematik muatan matematika dari materi pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN Benteng Seberang Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar. Hal ini dibuktikan ketuntasan siswa pada siklus I 75% setelah di refleksi ketuntasan meningkat pada siklus II menjadi 94% terjadi peningkatan sebesar 19%. Kedua, aktivitas guru dalam pembelajaran tematik muatan matematika dari materi pecahan sederhana dengan model pembelajaran Make A Macth pada siswa kelas III SDN Benteng Seberang Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar sangat baik dan meningkat, terbukti aktivitas guru siklus I 73% terlaksana, setelah direfleksi meningkat pada siklus II meningkat menjadi 93% terlaksana. Terjadi peningkatan sebesar 20%. Ketiga, aktivitas siswa belajar dengan model pembelajaran Make A Macth pada pembelajaran tematik pada tema kesehatan kelas III SDN Benteng Seberang Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar sangat baik dan menigkat oleh siswa siklus I siswa yang aktif sebanyak 79% dan siklus II siswa yang aktif sebanyak 95% terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 16%.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model, Make A Match
Abstract
This study aims to improve mathematics learning outcomes using the make a match learning model. This is due to the low learning outcomes in class III students' simple fraction material. In an effort to improve student mathematics learning outcomes, especially simple fraction material, an appropriate learning model is needed. The research method used is class action research (classroom action research). This classroom action research was carried out in the classroom with the aim of improving and enhancing the quality of learning. The results showed that through the Make A Macth learning model it could improve thematic learning outcomes of mathematical content from simple fraction material in class III students at SDN Benteng Seberang, Pengaron District, Banjar Regency. This is evidenced by the completeness of students in the first cycle of 75%, after reflection, mastery increased in the second cycle to 94%, an increase of 19%. Second, the teacher's activity in learning thematic mathematics content from simple fraction material with the Make A Macth learning model in class III students at SDN Benteng Seberang, Pengaron District, Banjar Regency was very good and increased, it was proven that the teacher's activity in cycle I was 73% implemented, after reflection it increased in cycle II increased to 93% accomplished. There was an increase of 20%. Third, student learning activities with the Make A Macth learning model in thematic learning on the health theme of class III SDN Benteng Seberang, Pengaron District, Banjar Regency were very good and increased by 79% of students in the first cycle of active students and 95% of active students in the second cycle. increased student activity by 16%.
Keywords: Learning Outcomes, Models, Make A Match


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, & Supriadi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Assofi Muhammad, P. D. Damayani Aries T. & Rofian. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil melalui Model NHT Berbantu Media Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4): 513-514

Budiyanto, Moch. A. K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centred Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang press.

Erawati Desi. 2015. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan Di kelas III SD Negeri Kyai Mojo Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Guantara, Gd., dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2): 1-10.

Hasbullah, H. & Wiratomo, Y. 2015. Metode, Model dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press

Islam, S. 2017. Karakteristik Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013. Edureligia Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1): 89–101

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Alkhawarizmi, 1(1): 21-32.

Lubis Maulana, A. & Azizan, N. 2020. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kenaca A.

Mahanani, Ayu. 2018. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan di Kelas III SD Negeri 2 Wates”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Marta, Rusdial. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 24-37.

Nurdyansyah & Fahyuni, F. E. 2016. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizama Learning Centre

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ula Sidratul & Barutu Fabelia A. 2019. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Roundrobin Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Hidayatul Muta’allim Mengkirau Kecamatan Tasik Putripuyu Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 21-27.

Rahyuni, Sang A. P., dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Make A Macth Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1): 1- 10.

Sanjaya, W. H. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pranemedia

Suharni. 2021. Meningkatkan Keaktifan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Wide Game Pada Peserta Didik Kelas VIID SMP Negeri 13 Tegal. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1): 87-92.

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Supriatin Ade Ipin. 2017. Penggunaan Kartu Make A Macth Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membedakan Jenis-Jenis Adaptasi. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(2): 1-17.




DOI: http://dx.doi.org/10.58791/tadrs.v7i01.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index By

  

 

 

Contact Us :

Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Address: Jl. Tanjung Rema, Fakultas Tarbiyah IAI Darussalam Martapura

Kabupaten: Banjar

Provinsi: Kalimantan Selatan

Telephone: 0812-3587-1313

Email: jurnaltarbiyah@iaidarussalam.ac.id